Salin Artikel

Gempa Malang, Puluhan Rumah di Tulungagung Rusak Ringan hingga Parah

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Gempa bumi magnitudo 6,7  yang berpusat di selatan Kabupaten Malang mengakibatkan banyak bangunan rusak ringan, sedang hingga parah di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Kerusakan beragam mulai dari atap genting rontok, langit-langit runtuh, tembok retak hingga bangunan roboh dilaporkan terjadi akibat gempa tersebut.

Di Desa Gempolan, Kecamatan Pakel, dilaporkan terjadi kerusakan sedang dan parah pada bangunan rumah warga.

"Kalau korban jiwa alhamdulillah tidak ada, namun ada 4 rumah yang mengalami rusak parah," ujar perangkat Desa Gempolan, Suyono, saat dihubungi melalui saluran telepon, Sabtu (10/4/2021).

Kerusakan pada rumah warga, ujar Suyono, berupa atap runtuh, teras rumah roboh, dan tembok rumah mengalami kerusakan parah.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Tulungagung Soeroto mengatakan laporan kerusakan pada bangunan rumah warga dan perkantoran dilaporkan terjadi di setidaknya 10 Kecamatan yang ada di wilayah tengah, timur dan selatan.

"Sementara laporan yang masuk di tiap kecamatan ada satu atau dua desa yang melaporkan adanya dampak gempa," ujar Soeroto kepada Kompas.com melalui telepon.

Laporan kerusakan bangunan, ujarnya, dilaporkan dari Kecamatan Kauman, Ngunut, Pagerwojo, Kalidawir, Sumbergempol, Mirigambar, Gondang, Bandung, Pakel, dan Pucanglaban.

"Kami sedang mendata. Bangunan yang roboh total ada beberapa tapi sepertinya bukan bangunan rumah tapi kandang ternak dan teras rumah," ujarnya.

Soeroto mengatakan belum menerima adanya laporan korban luka-luka ataupun meninggal dunia. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/10/180644778/gempa-malang-puluhan-rumah-di-tulungagung-rusak-ringan-hingga-parah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke