Salin Artikel

BPBD Malang: Kerusakan akibat Gempa Tersebar di 10 Kecamatan

Berdasarkan data laporan sementara yang sudah masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, kerusakan akibat gempa tersebut tersebar di 10 kecamatan.

Yakni di Kecamatan Poncokusumo, Jabung, Wajak, Turen, Dampit, Bantur, Kalipare, Pagelaran, Donomulyo dan Sumber Manjing Wetan.

"Jumlah kerusakannya saya belum pasti, tapi dampak kerusakan sudah dipastikan ada. Ini yang sudah masuk di saya wilayah Poncokusumo, Jabung, Wajak, Turen, Dampit, Bantur, Kalipare, Pagelaran, Donomulyo dan Sumber Manjing Wetan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan melalui sambungan telpon.

Sadono mengatakan, laporan yang diterimanya masih belum utuh karena tim masih berada di lokasi terdampak untuk asesmen.

"Laporannya ini masih sifatnya sporadis. Jadi kita belum bisa memastikan data sementara berapa jumlah yang terdampak ataupun korban luka-luka itu kami belum," jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan laporan sementara, kerusakan rumah paling parah ada di Kecamatan Poncokusumo. Di lokasi itu, separuh rumah warga ambruk.

"Ada separuh rumah roboh di Poncokusumo, di Desa Pandansari. Saya ditelpon relawan melaporkan itu. Saya minta teman-teman untuk mendata lebih lanjut," katanya.

Pihaknya juga terus mendata kerusakan akibat gempa tersebut. Terutama kerusakan yang ada di Kabupaten Malang bagian selatan yang dekat dengan episentrum gempa.


Sadono mengatakan, daerah yang paling dekat dengan episentrum gempa adalah Donomulyo.

"Donomulyo juga ada kerusakan," jelasnya.

Diketahui, gempa yang berpusat di laut selatan Malang mengguncang sejumlah daerah di Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, Ma’muri menjelaskan, gempa terjadi di laut selatan Malang dengan kekuatan magnitudo 6,7.

"Nanti kita masih analisa lagi. Sementara informasi itu. Kita tunggu informasi berikutnya," katanya melalui sambungan telepon.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/10/164646278/bpbd-malang-kerusakan-akibat-gempa-tersebar-di-10-kecamatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke