Salin Artikel

Di Balik Teror KKB, Tambang Emas Ilegal Dituding Jadi Sumber Dana, Ini Penjelasannya

KOMPAS.com - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri membeberkan dugaan sumber dana yang menyokong pergerakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Dirinya menyebut, dana utama KKB untuk membeli senjata dan amunisi berasal kawasan penambangan emas ilegal di sejumlah daerah di Papua.

"Tempat pendulangan (emas) itu berkontribusi besar untuk pembelian senjata api dan amunisi," ujarnya di Jayapura, Kamis (8/3/2021). 

Namun, Fakhiri enggan membeberkan jumlah pasti dana yang didapat KKB dari tambang emas ilegal itu.

Lokasi sulit dijangkau

Fakhiri hanya mengatakan, lokasi tambang tersebut sulit dijangkau, bahkan oleh para aparat keamanan.

"Wilayah pendulangan biasanya jauh dari pengawasan aparat. Ada (KKB) yang datang untuk mengambil upeti, ada juga yang mereka ikut dulang," ujar dia.

"Paniai, Intan Jaya dan sebagian Yahukimo. Kalau Timika sidah jelas, makanya kita agak geser pendulang di situ agar tidak mendulang lagi," kata dia.

Terkait hal itu, Fakhiri bertekad akan memutus rantai suplai dana KKB itu. Harapannya, masyarakat tak akan mendapat teror dari kelompok tersebut.

Kendala untuk memantau

Sementara itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Frets J Boray membenarkan informasi adanya penambangan ilegal, khususnya di empat kabupaten tersebut.


"Kita sudah usulkan wilayahnya, sampai sekarang belum dikeluarkan izin oleh menteri (ESDM) supaya kita bisa pantau. Itu masih ilegal makanya kami tidak bisa bikin apa-apa," kata Frets saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (9/4/2021).

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi gangguan keamanan yang diduga dilakukan KKB masih terjadi.

Terakhir, seorang guru bernama Oktovianus Rayo (42) ditembak mati oleh KKB di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (8/4/2021)

Polisi menduga, penembakan dilakukan KKB pimpinan Sabinus Waker. Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

(Penulis: Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra, Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi |Editor Robertus Belarminus, Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/04/10/060600078/di-balik-teror-kkb-tambang-emas-ilegal-dituding-jadi-sumber-dana-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke