Salin Artikel

Kartu Blora Mengaji Diluncurkan, Guru Agama Dapat Insentif Tahunan

Peluncuran tersebut juga dihadiri sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag), Nizar Ali di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jumat (9/4/2021).

Dalam sambutannya, Arief Rohman mengatakan peluncuran kartu Blora Mengaji merupakan salah satu bagian dari program kerja 99 hari.

“Program Blora Mengaji yang kita lanching dengan kartu “Blora Mengaji” ini sebagai salah satu upaya kita dalam pembangunan sektor rohani," ucap Arief Rohman.

Kartu tersebut ditujukan untuk guru madrasah diniyah, TPQ dan guru mengaji lain. Tidak hanya agama Islam, tapi juga sekolah minggu dan lainnya.

Arief mengungkapkan dengan adanya kartu Blora Mengaji ini, para guru madrasah dan guru sekolah agama lainnya akan mendapatkan insentif tahunan dari pemerintah kabupaten.

“Jumlahnya memang belum besar, sementara ini masih Rp 400.000. Ke depan akan kita upayakan menjadi Rp 1 juta. Semoga saja anggarannya mencukupi," katanya.

Untuk saat ini jumlah guru yang sudah terdata sekitar 8000 orang calon penerima yang datanya diambil dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, kerja sama dengan Bagian Kesra Setda Blora.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Jateng Cabang Blora yang telah membantu pengadaan kartu Blora Mengaji ini.

"Sehingga hari ini bisa kita luncurkan bersama dan harapannya sudah bisa dipakai sebelum lebaran. Maturnuwun Bank Jateng," terangnya.


Rencananya, Arief Rohman juga akan memperluas sasaran manfaat kartu Blora Mengaji ini.

Selain itu, Arief meminta agar Bagian Kesra Setda dan Kemenag Blora bisa mendata seluruh hafiz hafizah (para penghafal Al-Qur’an) dan imam masjid, serta rumah ibadah lainnya untuk bisa diusulkan menjadi penerima.

“Selain untuk menyalurkan insentif tahunan, kita juga akan coba kemungkinan kartu Blora Mengaji ini untuk di-link-kan dengan BPJS Ketenagakerjaan dan bisa untuk mengambil kredit modal di Bank Jateng. Regulasinya akan kita pelajari untuk dikerjasamakan nanti," jelasnya.

Sementara itu, Sekjen Kemenag, Nizar Ali mengapresiasi gagasan Arief Rohman dalam melaksanakan program Blora Mengaji dan kartu Blora Mengaji tersebut.

“Kami mewakili Pak Menteri dan keluarga besar Kementerian Agama sangat menyambut baik serta mengapresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Bupati dan jajarannya yang telah mencanangkan Blora mengaji ini untuk mendukung implementasi visi misi Kementerian Agama. Di tengah kondisi pandemi dan sosial politik seperti ini, program ini hadir menjadi salah satu solusi yang menentramkan hati. Blora luar biasa,” ucapnya.

Peluncuran kartu 'Blora Mengaji' juga sekaligus diadakan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan dari LPQ, FKDT, FKPP, FKPAI dan Penyuluh ASN.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati, Sekjen Kemenag, perwakilan Kakanwil Jateng, Kankemenag Blora, dan Bank Jateng Cabang Blora.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/09/205155378/kartu-blora-mengaji-diluncurkan-guru-agama-dapat-insentif-tahunan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke