Salin Artikel

Gubernur Papua Lukas Enembe ke Papua Nugini Lewat Jalan Tikus, Mendagri: Sudah Diberikan Sanksi Teguran Keras

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyayangkan kepergian Gubernur Papua Lukas Enembe ke Papua Nugini tanpa izin.

Terlebih lagi, Lukas pergi ke Papua Nugini melewati jalan tikus tanpa dokumen resmi. Lukas beralasan ke Papua Nugini untuk melakukan terapi saraf kaki.

Terkait dengan itu, Kata Tito, Lukas tak pernah mengajukan izin untuk berobat ke Papua Nugini.  Padahal, jika memang mendesak untuk berobat, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bisa memberikan izin.

"Sampai hari ini Pak Gubernur (Lukas Enembe) tidak pernah mengajukan izin ke Kemendagri, tidak pernah. Kalau memang urgent sekali, komunikasi dengan saya sebagai otoritas yang memberikan izin, setelah itu surat menyusul, makanya saya mau temuin," kata Tito di Jayapura, Senin (5/4/2021).

Tito menegaskan, apa pun alasannya, langkah yang dilakukan Lukas salah.

"Saya sudah sampaikan, apa pun alasannya langkah itu salah, tidak sesuai aturan yang ada pergi tanpa izin, apa lagi di tengah situasi pandemi," tegasnya.


Atas perbuatannya, Mendagri pun sudah memberikan teguran keras kepada Lukas.

"Sementara saya sudah berikan sanksi teguran keras," ujarnya

Kata Tito, Kemendagri tidak pernah menghalangi kepala daerah yang ingin mengajukan izin berobat.

Apalagi Tito sudah mengetahui kondisi kesehatan Lukas yang belum sembuh total dari penyakitnya.

Bahkan, Tito pun mengetahui jika Lukas beberapa kali ke rumah sakit di Jakarta.

"Saya tahu beberapa kali di Jakarta beliau berobat di rumah sakit di sana, kemudian kondisi fisiknya saat itu tidak begitu bagus. Saya terakhir (bertemu) sebulan lalu. Cuma mengenai masalah ke PNG, gubernur sempat menelepon saya bahwa itu dalam rangka berobat kaki," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Dance Yulian Flassy enggan memberi pernyataan setelah bertemu Tito membahas masalah itu.

 

(Penulis : Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor : Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/04/05/113907478/gubernur-papua-lukas-enembe-ke-papua-nugini-lewat-jalan-tikus-mendagri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke