Salin Artikel

Ratusan Warga Diduga Tertimbun Longsor di Flores Timur, 23 Jenazah Telah Dievakuasi, Ini Penjelasan BPBD

KOMPAS.com - Bencana banjir dan longsor menerjang Desa Nelelamadike, Kecamatan Ileboleng, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/4/2021) dini hari.

Menurut keterangan Kepala Pelaksana Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur Alfonsus H Betan, pihaknya masih melakukan pendataan jumlah korban. 

"Ada sekitar 40 rumah yang tertimbun longsor, dan ada kurang lebih 100 warga di kecamatan itu dilaporkan keluarganya hilang diduga tertimbun longsor," katanya, dilansir dari Antara.

Sementara itu, menurut Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Boli, proses pencarian korban terkendala kurangnya alat berat.

"Berdasarkan laporan dari Kades Nelelamadike Pius Pedang Melai, puluhan warga meninggal tertimbun dan belum bisa digali karena tidak ada alat berat," ujar Agustinus saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Jumlah korban tewas sementara 

Menurutnya, dilansir dari KompasTV, data sementara hingga Minggu siang, 23 warga telah dievakuasi dalam kondisi tewas.

"Yang dievakuasi 23 orang dan masih ada yang masih tertimbun," ujar Agustinus.

Sementara itu, ribuan warga di Desa Waowala, Tanjung Batu, Amakaka, dan Lamawara di Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, terpaksa mengungsi karena dilanda banjir bandang.

Sejumlah warga dikabarkan tewas terseret banjir pada Minggu dini hari tersebut.

Dilansir dari Pos Kupang.com, proses evakuasi dan pencarian para korban terkendal putusnya akses di sejumlah titik.

"Warga yang selamat ada yang mengungsi secara mandiri, ada tim yang melakukan pendataan dan pencatatan, sehingga diharapkan warga yang menampung bisa segera menyampaikan ke pemerintah daerah," kata Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, dilansir dari Pos Kupang. (David Oliver Purba).

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul: Di Amakaka Lembata, Masih Ada Korban Tertimbun Material Banjir, Evakuasi Terhambat Jalan Putus

https://regional.kompas.com/read/2021/04/04/155057378/ratusan-warga-diduga-tertimbun-longsor-di-flores-timur-23-jenazah-telah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke