Salin Artikel

Tanah 3 Makam di Sumbar Tiba-tiba Naik, Ahli Geologi: Itu Fenomena Alam, Jangan Dikaitkan dengan Mistis

Ade meminta masyarakat tak mengaitkan masalah itu dengan hal yang berbau mistis.

"Ini 75 persen adalah fenomena alam. Jangan dikaitkan dengan mistis," kata Ade yang dihubungi Kompas.com, Jumat (2/4/2021).

Mantan Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia Sumatera Barat itu telah melakukan survei ke lokasi itu beberapa waktu lalu. Kesimpulan awalnya, 75 persen fenomena itu terjadi secara alamiah.

Meski begitu, perlu kajian dan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan fenomena tersebut secara ilmiah.

“Sudah dicek kondisi fisik kuburan itu. Sementara disimpulkan, ya sekitar 75 persen fenomena itu terjadi secara alamiah. Survei ini untuk mengumpulkan data atau info awal terkait geologi dan situasi sosial kemasyarakatan untuk kesiapan menurunkan tim survei georadar dari BPPT,” kata Ade.

Menurut Ade, fenomena itu terjadi secara ilmiah dilihat dari struktur dan jenis pasir tanah kuburan tersebut.

"Jenis pasir yang menjadi gundukan itu adalah, pasir krikil yang merupakan produk vulkanik andesit Gunung Tandikat. Tanah itu, keluar dan tercipta menjadi gundukan karena diduga disebabkan adanya dorongan material dari dalam perut bumi," jelas Ade.

Sebelumnya, banyak pengunjung yang meletakkan uang di tiga makam yang tanahnya tiba-tiba naik di Padang Pariaman, Sumatera Barat, karena dianggap berbau mistis.


Meski dilarang, ada saja pengunjung yang meletakkan uang Rp 1.000 hingga Rp 100.000 setiap harinya.

"Dalam beberapa hari terakhir banyak pengunjung yang datang. Mereka datang melihat dan memang ada yang meletakkan uang di makam. Kita larang, tapi tidak semuanya bisa diawasi," kata Wali Jorong atau Kampung, Sungai Asam Anuar yang dihubungi Kompas.com, Kamis (1/4/2022).

Anuar mengatakan, tiga makam itu merupakan makam biasa dan tidak ada berbau mistis. Sehingga pihaknya dan kaum suku Panyalai sebagai pemilik tanah kuburan melarangnya.

"Namun banyak pengunjung yang menganggapnya berbau mistis. Pihak keluarga sudah melarang. Kita tidak memungut biaya parkir atau karcis bagi pengunjung yang melihatnya," kata Anuar.

Anuar mengakui, ratusan orang datang ke kuburan itu setiap harinya. Mereka tak hanya dari Padang Pariaman, tetapi juga dari luar kota.

Perangkat jorong setempat telah memagar makam itu agar tidak rusak terinjak-injak oleh pengunjung. Pengunjung hanya melihat dari luar dan tak boleh masuk ke dalam.

"Sudah dipagar dan tidak boleh masuk ke dalam," jelas Anuar.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/02/180630878/tanah-3-makam-di-sumbar-tiba-tiba-naik-ahli-geologi-itu-fenomena-alam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke