Salin Artikel

3 Terduga Pencuri Baliho di Solo Raya Tertangkap Tangan di Sragen

SOLO, KOMPAS.com - Terduga pencuri baliho di Solo Raya tertangkap tangan anggota paguyuban advertising yang sedang patroli di daerah Sragen, Jawa Tengah, pada Kamis (1/4/2021) dini hari.

Anggota paguyuban advertising Solo Raya FX Diananto membenarkan penangkapan diduga pencuri baliho yang membuat kerugian hingga puluhan juta rupiah.

"Iya (diduga pelaku) tertangkap tangan anggota paguyuban yang sedang patroli. Tertangkap dini hari tadi di Sidoharjo, Sragen," katanya dikonfirmasi Kompas.com, Kamis.

Menurut dia, para pelaku telah diserahkan ke pihak kepolisian untuk diproses hukum.

"Kami akan kawal terus kasus ini. Karena untuk memberikan pembelajaran kepada mereka ke depannya. Perbuatan ini telah merugikan orang banyak," terang dia.

"Pelakunya tiga orang dari Nganjuk. Mereka berangkat dari Nganjuk jam 7 malam setiap harinya. Jadi baliho-balihonya itu mereka sudah sasar," sambungnya.

Diananto mengungkapkan, kasus pencurian baliho sudah pernah terjadi. Namun, tidak sebanyak yang sekarang.

Baliho yang dicuri tersebut tidak hanya di satu titik wilayah. Namun tersebar di berbagai titik di wilayah Solo Raya.

"Semua wilayah kena semua sehingga kita mapping sekalian. Baliho yang dicuri ukurannya ada 5x10 meter, 6x12 meter dan lainnya," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah biro iklan yang ada di Solo Raya (Solo, Karanganyar, Sragen, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali) mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah akibat pencurian baliho.

"Selama tiga bulan terakhir sudah ada 16 baliho yang hilang dari papannya," kata Koordinator Paguyuban ADV Biro Iklan Soloraya Qoyim di Solo, Rabu (31/3/2021).

Ia mengatakan baliho yang hilang tersebut di antaranya terjadi di Klaten, Boyolali, dan Karanganyar. Menurut dia, baliho yang hilang terdiri dari beberapa ukuran.

Terkait hal tersebut, ia dan pelaku jasa iklan yang lain menyayangkan dan merasa dirugikan, apalagi saat ini sektor periklanan mulai bangkit setelah sempat terpuruk akibat melemahnya ekonomi selama pandemi Covid-19.

"Saat baru merangkak naik kami dihadapkan dengan fenomena pencurian semacam ini. Kasus pencurian sendiri terjadi tiga bulan terakhir ini," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/01/180431278/3-terduga-pencuri-baliho-di-solo-raya-tertangkap-tangan-di-sragen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke