Salin Artikel

Kata Ridwan Kamil Soal Energi Terbarukan Indonesia: Telat Sekali, Denmark Sudah 100 Persen, Kita Baru 4 Persen

Saat ditanya alasannya datang ke Medan, Ridwan Kamil mengaku datang untuk urusannya sebagai Ketua Umum Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan.

Menurut dia, sebelumnya sejumlah kepala daerah penghasil minyak dan gas (migas) di Sumatera bersepakat menggelar pertemuan di Hotel JW Marriot Medan pada Rabu (31/3/2021).

"Jadi saya hadir untuk tiga urusan. Kebetulan sahabat saya, Gubernur Sumut berkenan menyambut di sini, tadi makan siang. Alhamdulillah, matur nuhun," ucap Ridwan Kamil, Rabu, seperti dikutip Tribun Medan.

Khusus untuk bidang migas dan energi terbarukan, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku punya tiga agenda penting.

Tugas pertama, kata Emil, yakni untuk memperjuangkan keadilan sejumlah daerah yang merasa sebagai pemasok migas dan energi terbarukan bagi Indonesia.

Menurut dia, daerah pemasok migas dan energi terbarukan belum mendapat dana bagi yang setimpal hasil dari pemerintah pusat untuk kepentingan pembangunan di daerah-daerah dimaksud.

"Kedua, SDM di daerah sedang kita tingkatkan agar bisa bersaing di level global," katanya.

Ketiga persiapan energi yang terbarukan. Menurut Emil, Indonesia telat mendorong penggunaan energi berbasis energi terbarukan.

"Indonesia sudah telat sekali. Denmark sudah 100 persen, tapi kita baru 4 persen. Ketiga itu lah yang menjadi agenda di sumut," jelas Emil.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Berkunjung ke Medan, Ridwan Kamil Nebeng Vidcon di Rumah Dinas Edy Rahmayadi. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/01/105152578/kata-ridwan-kamil-soal-energi-terbarukan-indonesia-telat-sekali-denmark

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke