Salin Artikel

Cegah Klaster Pemudik, Pemkab Sumedang Bikin Posko Ketupat Lebaran

Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra mengatakan, pada bulan Ramadan nanti dipastikan banyak warga Sumedang yang merantau melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

"Pada Ramadan ini pastinya akan banyak warga yang mencari nafkah di luar daerah pulang ke Sumedang," ujar Irwansyah kepada Kompas.com, Kamis (25/3/2021).

Irwansyah menuturkan, agar tidak muncul klaster pemudik pada Lebaran ini, Pemkab Sumedang melalui Satgas Penanganan Covid-19 harus melakukan pengawasan ekstra ketat.

"Jadi tidak hanya aturan memakai masker, kami rasa harus diterapkan kembali aturan yang sudah diterapkan pada Ramadan 2020, tahun lalu. Kami memandang ini penting, sebab memang lebih baik menjaga dari pada mengobati," tutur Irwansyah.

Irwansyah menyebutkan, pengetatan aturan terkait protokol kesehatan ini harus dilakukan ketika mulai memasuki bulan Ramadan.

"Pengetatan aturan itu salah satunya yaitu terkait pembatasan jumlah penumpang pada kendaraan. Selain itu, jangan karena sudah divaksin, warga lupa memakai masker dan malah melanggar protokol kesehatan lainnya," sebut Irwansyah.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengatakan, saat ini Sumedang masih memperpanjang PSBB Proprosional dan PPKM Mikro.

Tujuannya, kata Erwan, untuk menekan angka penularan Covid-19. Dengan kata lain, melalui PSBB Proporsional dan PPKM Mikro ini masyarakat tetap dibatasi dalam melakukan aktivitas.

"Tentunya, pengawasan protokol kesehatan ini terus kami lakukan. Tidak hanya nanti saat Ramadan, tapi dari sekarang juga sudah dilakukan. Ini agar masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," ujar Erwan kepada Kompas.com usai meninjau vaksinasi untuk 700 pedagang di Pasar Sumedang Kota, Kamis.

Erwan menuturkan, terkait pembatasan jelang mudik Lebaran, bisa saja nantinya memaksimalkan Posko Ketupat Lebaran.

"Apakah nanti akan kembali ada posko khusus, kita lihat perkembangannya nanti. Tapi Posko Ketupat Lebaran yang sudah ada tiap tahunnya nanti bisa dimaksimalkan untuk memantau pemudik juga," kata Erwan. 

https://regional.kompas.com/read/2021/03/26/125812278/cegah-klaster-pemudik-pemkab-sumedang-bikin-posko-ketupat-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke