Salin Artikel

Over Kapasitas, 156 Warga Binaan Rutan Boyolali Direlokasi ke Bangunan Baru

BOYOLALI, KOMPAS.com - Sebanyak 156 warga binaan yang menghuni bangunan lama rumah tahanan (Rutan) Boyolali dipindahkan ke bangunan baru, Rabu (24/3/2021).

Proses pemindahan warga binaan dari bangunan lama di Jalan Merbabu Raya No 15 Bayanan, Siswodipuran ke bangunan baru di Dukuh Masahan, Mojosongo, ini dikawal ketat petugas TNI dan Polri.

Ratusan warga binaan itu diangkut menggunakan tiga bus dan satu minibus menuju ke bangunan rutan baru. Mereka terdiri dari 142 laki-laki dan 14 perempuan.

Kepala Rutan Boyolali Agus Imam Taufik mengatakan, bangunan rutan baru merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Boyolali.

Proses pembangunan rutan baru tahap pertama dilaksanakan pada 2017.

Namun, pemindahan ratusan warga binaan ini baru bisa dilakukan tahun 2021.

"Rutan lama luas tanah dan bangunan hanya 900 meter persegi. Kapasitas 36 orang dihuni 170 orang. Jadi hampir 400 persen over kapasitas," kata Imam di Boyolali, Jawa Tengah, Rabu.

Sedangkan, lanjut Imam, luas tanah dan bangunan rutan baru sekitar 14.800 meter persegi dan baru satu bangunan.

"Secara pembinaan itu sangat membantu kami warga binaan mendapatkan standar hunian yang layak dan program pembinaan warga binaan bisa lebih lancar," ungkap dia.

Imam menjelaskan, lokasi bangunan rutan baru berdekatan dengan Polres Boyolali.

"Bangunan baru ini dekat dengan Polres. Itu menjadi salah satu pertimbangan kami kenapa kita segera pindah ke sana. Kalau ada sesuatu hal kita bisa cepat koordinasi," kata Imam.

Lebih lanjut, Imam mengungkap, proses pemindahan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Satu per satu warga binaan dicek suhu tubuh dan memakai masker.

Kemudian, seluruh warga binaan yang dipindahkan ke rutan baru telah menjalani rapid antigen untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/24/134347378/over-kapasitas-156-warga-binaan-rutan-boyolali-direlokasi-ke-bangunan-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke