Salin Artikel

50.000 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Sulut, Penyuntikan Mulai Besok

Penyuntikan vaksin ini akan dimulai, Rabu (24/3/2021), kepada petugas pelayanan publik.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulut Steaven Dandel menjelaskan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI telah menyatakan vaksin Covid-19 AstraZeneca aman untuk digunakan.

Vaksin tersebut tak luput dari pemantauan Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI merekomendasikan penggunaan vaksin ini meskipun mubah.

Vaksin tersebut mulai digunakan dalam program vaksinasi nasional pada 22 Maret 2021.

Suntikan perdana dilakukan salah satunya kepada Ketua MUI Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil.

"Prosedur vaksinasi vaksin Covid-19 AstraZeneca sama seperti vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac," ujar Steaven dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Vaksinasi dilakukan melalui empat meja. Pada meja pertama dilaksanakan pendaftaran dan verifikasi data.

Selanjutnya peserta vaksinasi akan menuju meja dua untuk pelaksanaan screening kesehatan dan pemeriksaan fisik sederhana.

"Peserta vaksin yang lolos pada proses screening akan lanjut ke meja tiga untuk mendapatkan penyuntikan vaksin," sebut Steaven.


Pada langkah terakhir di meja empat dilaksanakan pencatatan dan peserta vaksinasi akan di observasi selama 30 menit.

Steaven mengimbau kepada peserta vaksinasi, yang perlu diperhatikan oleh masyarakat bahwa setelah divaksinasi tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Jangan lupa untuk selalu menerpakan 5M, tetap menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu meter, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menghindari kerumunan serta menghindari mobilitas yang tidak perlu," imbaunya.

Lalu, berikan kesmepatan pada tubuh untuk membentuk kekebalan yang sempurna setelah divaksinasi.

Selain itu, karena proses vaksinasi dilaksanakan secara bertahap dengan demikian membutuhkan waktu untuk terbentuknya herd immunity.

"Jangan lupa tetap menjaga imunitas tubuh. Makan makanan yang sehat dan bergizi, lakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit setiap hari, serta istirahat yang cukup," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/23/214459778/50000-dosis-vaksin-astrazeneca-tiba-di-sulut-penyuntikan-mulai-besok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke