Salin Artikel

Stok Darah Golongan O dan A di PMI Banyumas Hanya Cukup untuk 2 Hari

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas, Jawa Tengah, Sadewo Tri Lastiono mengatakan, stok darah golongan A dan O menipis.

"Saat ini stok darah dalam keadaan sangat kritis terutama golongan darah A dan O yang hanya cukup untuk 1-2 hari," kata Sadewo di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (20/3/2021).

Menurut Sadewo, ketersediaan darah diprediksi akan semakin menipis bahkan kosong menjelang bulan Ramadhan.

Padahal kebutuhan darah saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri biasanya meningkat tajam.

"Maka dari itu kami minta agar masyarakat jangan takut untuk mendonorkan darahnya, karena PMI selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid–19," ujar Sadewo yang juga merupakan Wakil Bupati Banyumas.

Sadewo mengatakan, pihaknya hanya mampu memenuhi kebutuhan darah sebanyak 152 kantong per hari dari total kebutuhan sebanyak 182 kantong per hari.

Minimnya stok darah di PMI, kata Sadewo, disebabkan masih ada masyarakat yang menunda mendonasikan darah akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, beberapa kelompok menghentikan kegiatan donor darah akibat pandemi Covid-19, seperti di sekolah atau perguruan tinggi.

"Adanya vaksinasi Covid–19 juga membuat pendonor harus menunda mendonasikan darah setelah dua minggu dari pemberian vaksin kedua," kata Sadewo.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/20/141530378/stok-darah-golongan-o-dan-a-di-pmi-banyumas-hanya-cukup-untuk-2-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke