Salin Artikel

Ridwan Kamil Akan Gencarkan Vaksinasi Massal di Bogor, Depok dan Bekasi

Hal itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo saat meninjau proses vaksinasi massal di Kota Bogor, Jabar, Jumat (19/3/2021).

"Khusus untuk Jabar, karena kasus banyak di Jabodetabek, maka saya diminta (Presiden) menguatkan (vaksinasi) di Bogor, Depok, dan Bekasi," tutur pria yang akrab disapa Emil itu.

Selain itu, Emil juga mengaku diperintahkan untuk meningkatkan kapasitas vaksinasi dengan memanfaatkan gedung besar.

"Pak Jokowi mengarahkan kami untuk meningkatkan kapasitas. Kami juga sudah menghitung, jika mengandalkan Puskesmas, tidak akan cukup dan bisa beres dalam waktu lama. Makanya gedung-gedung, seperti gedung olahraga, didorong untuk digunakan sebagai tempat vaksinasi massal," tutur Emil.

Emil menjelaskan, Pemprov Jabar mengupayakan untuk mempercepat vaksinasi tahap II dengan sasaran lansia dan petugas publik.

Vaksinasi tahap II ditargetkan selesai pada akhir Juni 2021.

Adapun jumlah sasaran vaksinasi tahap II di Jabar sekitar 6,6 juta orang.

Rinciannya, 4.403.984 lansia dan 2.195.215 petugas publik.

Selain itu, Emil mengatakan, vaksinasi akan tetap berlangsung saat bulan Ramadhan dengan sejumlah penyesuaian, seperti memperhatikan kondisi fisik masyarakat yang menjalani ibadah puasa.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi dengan injeksi intramuscular atau suntikan pada otot tidak membatalkan puasa dan hukumnya boleh dilakukan sepanjang tidak menyebabkan bahaya.

"Yang penting, vaksinasi jangan berhenti karena vaksinnya ada masa kedaluwarsa," kata Ridwan Kamil.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/19/141304878/ridwan-kamil-akan-gencarkan-vaksinasi-massal-di-bogor-depok-dan-bekasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke