Salin Artikel

Hilang Saat Tsunami Aceh 2004, Pria Diduga Polisi Ditemukan di RSJ, Polda Aceh: Akan Dilakukan Tes DNA

KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh akan melakukan tes Deoxyribonucleic Acid (DNA) untuk memastikan identitas pria yang diduga Baharaka Zainal Abidin alias Asep, anggota Resimen II Pelopor Angkatan 351 99/00 yang dinyatakan hilang pasca-tsunami 2004 silam.

Diketahui, Asep kini ditemukan sebagai salah satu pasien Rumah Sakit Jiwa Zainal Abidin Banda Aceh.

Asep merupakan pasukan Bantuan Keamanan Operasional (BKO) Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor ke Polda Aceh. Saat itu, ia bertugas di Poskotis Brimob Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar.

Pada saat terjadi musibah tsunami mengguncang Aceh tahun 2004 lalu, Asep sedang melaksanakan tugas di posko pengamanan.

"Selanjutnya kepada pasien ini juga akan dilakukan tes DNA, sidik jari, dan pengenalan tanda lahir lainnya," Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp.

Tak hanya itu, kata Winardy, pihaknya juga akan menemui keluarganya di Jawa Barat dan berkoordinasi dengan kesatuan dinasnya.


Kata Winardy, adanya informasi mengenai pasien RSJ yang diduga personel Polri berawal dari kabar yang beredar melalui pesan grup WA personel Polri.

Kemudian, lanjutnya, pihaknya langsung melakukan kroscek ke RSJ untuk memastikan itu.

Kata Winardy, dari keterangan yang didapat pihak RSJ, pasien yang diduga Bharaka Asep itu mulai dirawat di RS itu sejak tahun 2009.

Bahkan pihak RSJ sempat mengantarnya pulang ke Desa Fajar, Aceh Jaya, Namun ditolak oleh warga.   

"Dan (pihak rumah sakit) sempat mengantar kembali ke Desa Fajar, Kecamatan Sampoinet, Aceh Jaya, tapi warga setempat tidak mau menerimanya, sehingga akhirnya dibawa kembali ke RSJ Banda Aceh," ungkapnya.

Sebuah video memperlihatkan seorang pria yang diduga polisi yang dinyatakan hilang pasca-tsunami 2004 silam di Aceh viral di media sosial.

Dalam video yang berurasi 00.12 detik, tampak terlihat seorang pria berbaju putih yang mengaku seangkatan dengan Asep begitu bergembira.

"Alhamdulillah Asep Letting kita telah ditemukan," kata pria dalam video tersebut.

Namun, pasien yang diduga Baharaka Asep itu tampak bingung dan hanya diam.

 

(Penulis : Kontributor Kompas TV Aceh, Raja Umar | Editor : Farid Assifa)

https://regional.kompas.com/read/2021/03/18/081621178/hilang-saat-tsunami-aceh-2004-pria-diduga-polisi-ditemukan-di-rsj-polda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke