Salin Artikel

Beda Sikap Gubernur Banten dengan Menhub soal Mudik Lebaran 2021: Kita Lihat Dulu Penyebaran Covid-19

Menanggapi adanya kebijakan tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan akan melihat terlebih dahulu risiko penyebaran Covid-19 pasa Mei 2021 mendatang.

"Kita lihat kondisi (penyebaran Covid-19) yang berkembang. Kalau kondisi yang berkembang ada hal-hal memberikan kebaikan ya silahkan (mudik)," ujar Wahidin ditemui wartawan di Gedung DPRD Banten, Kota Serang. Selasa (16/3/2021).

Namun, Wahidin akan melarang warganya pulang kampung jika kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tak kunjung mereda.

"Tapi kalau memberi (mudik) kemudharatan penyakit masih merajelala, ya kita lihat nanti, kan Lebarannya masih lama," kata Wahidin.

Diketahui, Menhub Budi Karya Samadi tak dilarangnya mudik karena akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Salah satunya, Kemenhub dan Satgas Covid-19 akan berkoordinasi dalam hal tracing kepada masyarakat yang bepergian.

"Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan Lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik berjalan dengan baik. Oleh karenanya, saya mengajak kepada Bapak Ketua Komisi dan anggota untuk memantau persiapan mudik dan juga memantau proses mudik itu sendiri," kata Budi.

Menhub memperkirakan perayaan Lebaran tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/17/060425978/beda-sikap-gubernur-banten-dengan-menhub-soal-mudik-lebaran-2021-kita-lihat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke