Salin Artikel

Pemkab Solok Selatan Akan Mendirikan SMK Peternakan

Lulusan SMK ini diharapkan langsung terjun ke lapangan untuk mempraktikkan ilmunya sehingga bisa mengembangkan sektor peternakan di Sumbar.

"Saat rapat koordinasi kemarin, Bapak Gubernur Sumbar Mahyeldi memberikan dukungannya segera memproses pendirian SMK peternakan ataupun pengembangan SMK pertanian yang telah ada di Solok Selatan," ujar Penjabat Sekretaris Daerah Solok Selatan Doni Rahmat Samulo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Menurut Doni, untuk menyikapi dukungan Gubernur tersebut, organisasi perangkat daerah terkait di Solok Selatan akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Sumbar, sehingga bisa direalisasikan segera sebagai bagian dari perencanaan tahun mendatang.

"Barusan langsung saya instruksikan Kadis Pendidikan Solsel untuk berkoordinasi dengan Pemprov, karena saat ini kebijakan untuk SMA/SMK merupakan urusan provinsi," kata Doni.

Menurut dia, keberadaan SMK peternakan ini nantinya akan menghasilkan sumber daya manusia yang mumpuni dan mempunyai keterampilan di bidang peternakan.

Dengan begitu, di samping bisa mendorong mereka untuk berwiraswasta, menjadi peternak yang handal dan menguasai di bidangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai tenaga pendamping program 1 sapi, 1 kepala keluarga (KK) di Solok Selatan.

"Dengan adanya SMK peternakan ini diharapkan dapat mendukung kesuksesan salah satu program ekonomi kepala daerah terpilih nantinya. Menjadikan Solsel sebagai daerah lumbung penghasil daging ternak," kata Doni.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/10/090142478/pemkab-solok-selatan-akan-mendirikan-smk-peternakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke