Salin Artikel

Pelajar SMP di Buton Selatan Resmi Menikah, Ibu Mempelai Wanita: Antara Lega dan Khawatir

KOMPAS.com - Pasangan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, berinisial MG (14), dan FN (16), resmi menjadi pasangan suami istri.

Keduanya menjadi pasangan suami istri setelah MG yang dituntun Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Batauga, Samsul Ridi dengan lancar dan tegas mengucapkan ijal kabul.

Proses ijab kabul sendiri dilangsungkan di rumah mempelai wanita di Kelurahan Laompo, pada Sabtu (6/3/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

Namun, di balik kebahagian itu, ibu mempelai wanita Meliana mengaku khawatir dengan pernikahan itu. Sebab, pernikahan ini dilakukan di usia dini.

“Antara lega dan khawatir ke depannya bagaimana, karena ini (pernikahan) usia dini. Untuk sekolahnya, Insya Allah pasti ada jalan dan (memberikan) yang terbaik untuk (kedua) anak ini,” kata Meliana.

Namun, keluarga kedua mempelai akan membimbing pasangan tersebut hingga mereka dewasa dan menjadi keluarga yang harmonis.


Kata Meliana, pernikahan tersebut digelar karena keduanya saling mencintai. Selain itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ini sudah jalan terbaik, daripada terjadi hal yang tidak diinginkan ke depannya, orangtua berdosa, anak-anak berdosa, dan lingkungan juga berdosa, karena ghibah. Mungkin ini sudah jalan, kita kembalikan kepada Allah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KUA Batauga, Samsul Ridi mengatakan, proses ijab kabul pernikahan pasangan SMP tersebut berjalan lancar dan tidak ada kendala.

“Kita bersyukur kepada Allah, pada hari ini kami telah selesaikan pernikahan di keluarga kedua mempelai wanita, Alhamdulillah tidak ada kendala, semua dengan lancar,” kata Samsul kepada sejumlah media, Sabtu.

Dalam proses ijab kabul tersebut, kedua mempelai tampak menggunakan pakaian adat Buton.

Proses ijab kabul pun hanya diikuti keluarga kedua mempelai dengan jumlah terbatas.

 

(Penulis Kontributor Baubau, Defriatno Neke | Editor Dheri Agriesta)

https://regional.kompas.com/read/2021/03/07/060100878/pelajar-smp-di-buton-selatan-resmi-menikah-ibu-mempelai-wanita--antara-lega

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke