Salin Artikel

Gibran Ingin Berantas Prostitusi dan Penyakit Masyarakat Lainnya di Solo

Hal ini terlihat sehari setelah dilantik, Gibran bersama dengan jajaran Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo langsung melakukan operasi pekat di kawasan Gilingan dan Kestalan.

"Karena itu penting harus kita bersihkan. Bukan cuma mohon maaf PSK-nya saja. Judinya akan saya berantas juga," kata Gibran ditemui di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (4//3/2021).

Operasi pekat yang dia lakukan untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat sekaligus melaksanakan janjinya saat kampanye dalam memberantas prostitusi.

"Karena selama saya blusukan, selama kampanye, sebelum kampanye warga mengelukan itu terus dan tidak ada follow up," kata suami dari Selvi Ananda.

Gibran mengungkap operasi pekat tidak hanya dilaksanakan sekali. Bahkan, operasi pekat akan terus digencarkan untuk mewujudkan Solo bebas pekat.

"Dan ini tidak hanya di malam Minggu operasi pekat. Tiap hari pak Kapolresta terus mengecek di lokasi. Biar tidak ada terus digaruk ada lagi, ada lagi tidak," terang dia.

Putra sulung Presiden Jokowi menambahkan para PSK yang terjaring operasi akan dibawa ke Dinas Sosial untuk mendapatkan pembinaan dan pelatihan.

Ini dilakukan agar mereka memiliki keahlian sehingga tidak kembali lagi terjun ke dunia prostitisi.

"Jadi bukan asal garuk/tangkap saja. Kita komitmen nanti akan dibina di Dinsos. Saya tahu kok permasalahan ekonomi seperti apa," imbuh dia.


Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menambahkan kegiatan rutin yang ditingkatkan dilakukan untuk menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat.

Menurut dia sumber permasalahan yang terjadi di masyarakat muncul berawal dari penyakit masyarakat.

"Kita coba sentuh, kita terapi dari sisi sumber agar masalahnya. Pelaksanaan maupun antisipasi sehingga tidak berkembang dalam gangguan nyata," ungkap dia.

Ade menambahkan para PSK yang terjaring dalam operasi pekat sebagian besar bukan berasal dari Solo.

Namun, mereka menjajakan diri di pinggiran jalan Solo terutama di kawasan Gilingan dan Kestalan.

"Mereka yang terjaring kita tipiring (tindak pidana ringan) dan dibawa ke Panti Karya Wanita untuk mendapatkan pembinaan," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/04/155126378/gibran-ingin-berantas-prostitusi-dan-penyakit-masyarakat-lainnya-di-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke