Salin Artikel

Vaksinasi Pedagang Pasar di Medan Dilakukan di Pasar Petisah dan Pusat Pasar Medan Mal

Vaksin akan diberikan kepada ASN maupun non-ASN, wartawan yang bertugas di kantor wali kota maupun DPRD Medan.

Untuk TNI dan Polri, jika bersedia memanfaatkan fasilitas dan tenaga kesehatannya, Dinas Kesehatan akan menyerahkan vaksin Covid-19 kepada instansi tersebut.

Vaksinasi pedagang pasar di Medan

Untuk pedagang pasar, vaksinasi dilakukan di Pasar Petisah dan Pusat Pasar Medan Mal.

Hal itu mengingat kedua pasar ini merupakan pasar regional. 

"Persiapan akan maksimal agar berjalan lancar dan tidak terjadi Kerumunan," kata Wiriya.

Vaksinasi lansia di Medan, diprioritaskan untuk zona merah

Pemerintah Kota Medan memprioritaskan orang lanjut usia (lansia) dan petugas pelayanan publik untuk vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

Sesuai arahan pemerintah pusat, mereka yang divaksin merupakan orang yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Seluruh pihak diminta berkolaborasi agar program vaksinasi di Kota Medan berjalan sukses dan  lancar.

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ketika memimpin rapat persiapan vaksinasi mengatakan, Pemkot Medan mendapat jatah vaksin dari Kementerian Kesehatan sebanyak 96.000 dosis.

Menurut Bobby, jumlah tersebut tidak cukup untuk seluruh masyarakat Kota Medan. 

"Makanya, dosis yang ada ini harus segera direalisasikan, kalau masih kurang, nanti kita minta Kementerian Kesehatan agar mengirim kembali vaksin Covid-19 untuk Kota Medan. Secepat mungkin kita lakukan vaksinasi massal," kata Bobby di ruang rapat kantor wali kota Medan, Rabu (3/3/2021). 

Dia meminta sebelum divaksin, terlebih dahulu dibuat traning agar dapat berjalan lancar dan tidak terjadi kerumunan, khususnya di pasar yang jumlah penerima vaksinnya sangat banyak.


Selain itu, jumlah tenaga kesehatan yang akan bertugas juga harus diketahui agar pelayanan maksimal.

"Saya minta dalam minggu ini pemberian vaksin dapat dilakukan. Seluruh pihak harus berkolaborasi khususnya OPD pelayanan publik. Jika sudah terdata langsung lakukan vaksinasi. Khusus untuk lansia, sebaiknya diprioritaskan yang di daerah zona merah penyebaran Covid-19," ucap Bobby.

Khusus lansia baik yang sudah mendaftar ataupun belum, sudah bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi di 96 Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang telah terdaftar di Kementerian Kesehatan.

Peserta vaksinasi lansia di Medan cukup bawa KTP

Peserta cukup membawa KTP karena pelayanan vaksinasi Covid-19 ini hanya untuk warga Medan.

"Kita harus beri informasi, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait vaksinasi Covid-19 agar mereka lebih yakin untuk divaksin. Program ini merupakan bentuk perlawanan terhadap Covid-19 setelah protokol kesehatan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin menjelaskan, untuk lansia dapat mendaftarkan diri melalui link medan.kemenkes.go.id dan petugas pelayanan publik mendaftarkan diri melalui email vaksincovid@kemkes.go.id.

"Lansia yang sudah mendaftar melalui Link berjumlah 202.254. Baik yang sudah mendaftar atau belum, lansia mulai hari ini sudah bisa mendapat pelayanan vaksin Covid-19 di Puskesmas dan Faskes terdekat dengan tempat tinggalnya. Kami akan mengejar target waktu vaksinasi ini," kata Edwin.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/04/111424178/vaksinasi-pedagang-pasar-di-medan-dilakukan-di-pasar-petisah-dan-pusat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke