Salin Artikel

Dua TKI Terpapar Virus Corona Varian Baru B.1.1.7, Pulang ke Karawang Sudah Negatif

Satgas Penanganan Covid-19 Karawang langsung melakukan tracing dan testing kontak erat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang Fitra Hergyana mengungkapkan, dua TKI tersebut yakni M (40) asal Kecamatan Lemahabang dan A (45) asal Kecamatan Pedes.

M diketahui pulang dari Arab Saudi ke tanah air dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 31 Januari 2021. Ia kemudian menjalani isolasi di Pademangan dan hasilnya negatif Covid-19.

Sedangkan A pulang ke Indonesia dari Arab Saudi pada 31 Januari 2021. Tes PCR A menunjukkan hasil positif Covid-19 dan kemudian A menjalani isolasi di Pademangan.

"Saat kembali ke Karawang keduanya sudah negatif (Covid-19)," ujar Fitra di Gedung Singaperbangsa, Komplek Kantor Pemkab Karawang, Rabu (3/3/2021).

Pelacakan kontak erat

Fitra mengaku baru mendapat informasi keduanya terpapar virus corona varian B.1.1.7 dari Kementerian Kesehatan kemarin, Selasa (2/3/2021) sore.

Satgas, kata Fitra, langsung melakukan pelacakan dan pengetesan kepada keluarga dan kontak erat.

Dua tim dari Dinas Kesehatan Karawang, Dinas Kesehatan Provinsi Jabar dan Kementerian Kesehatan RI diturunkan.

"Arahan Kemenkes langsung melakukan tracing dan testing, untuk kemudian diambil sampel untuk tes Sekuensing Genom Corona SARS-CoV-2," ujar dia.

Masyarakat diminta tak khawatir

Pelacakan dan Pengetesan tetap dilakukan meskipun keduanya kembali ke Karawang sudah negatif, sebagai langkah antisipasi memutus mata rantai penularan. Ia meminta masyarakat tak khawatir.

"Saat kembali ke Karawang sudah negatif. Keduanya tidak bergejala dan saat ini isolasi di rumah, di lakukan pemantauan," ucapnya.

Fitra mengaku belum mengetahui dari mana dua pekerja migran Indonesia itu terpapar virus corona varian B.1.1.7. Namun ia menduga keduanya terpaapr di luar negeri.

"Kita masih melakukan penelitian. Kemungkinan dari luar karena baru dari Arab Saudi," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/03/121557578/dua-tki-terpapar-virus-corona-varian-baru-b117-pulang-ke-karawang-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke