Salin Artikel

Tiap Kelurahan di Kota Bandung Kini Punya Puskesos, Pembagian Bansos Semakin Lancar

Total seluruh kelurahan di Kota Bandung berjumlah 151.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Tono Rusdiantono dalam kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa (2/3/2021).

"Dinsosnangkis sudah sah memiliki 151 Puskesos. Apapun masalah sosialnya, obatnya datang ke Puskesos," kata Tono, Selasa.

Tono menjelaskan, Puskesos  di tiap kelurahan akan dilengkapi fasilitator yang berfungsi untuk memvalidasi data penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

"Ini pelayanan yang paling penting terkait data, karena data ini paling harus diperbaiki dan hari ini kita sudah lakukan verifikasi, validasi data dan 99 persen. Jadi data kemiskinan di Kota Bandung kita punya sistemnya dan sudah dilaporkan ke Kemensos," kata Tono.

Menurut Tono, pelayanan yang akan dilakukan seperti program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non-tunai (BPNT) dan bantuan sosial lainnya akan dimudahkan, karena Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) telah valid.

"Karena sekarang masih pandemi, pemerintah pusat mengeluarkan data DTKS sekarang 139.000, ada penambahan sekitar 20 persen. Sekitar 30.000 mereka miskin terbarukan diusulkan mendapatkan bantuan dan bisa diusulkan masuk ke DTKS. Itu prosesnya cukup datang ke Puskesos Kelurahan, jangan ke Dinsos," kata Tono.

Nantinya, dari Puskesos diverifikasi dan validasi, kemudian dilaporkan ke pemerintah pusat.

Tono menambahkan, rujukan yang tadinya dikelola oleh Dinsos, sekarang cukup dirujuk oleh Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) penanggulangan kemiskinan di kelurahan.

"PMKS di luar fakir miskin itu 110.000, ada penambahan sekitar 2 persen (dari tahun sebelumnya)," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/02/223147178/tiap-kelurahan-di-kota-bandung-kini-punya-puskesos-pembagian-bansos-semakin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke