Salin Artikel

Setahun Pandemi Corona di Indonesia, Memperkuat Solidaritas, Menjaga Harapan

KOMPAS.com - Setahun lalu, tepatnya pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan bahwa Indonesia terserang pandemi corona.

Semenjak itu, masyarakat di seluruh pelosok bergerak bersama-sama menghadapi pandemi tersebut.

Cerita aksi solidaritas yang menyentuh hati dan menyuntikkan semangat untuk menjaga harapan hidup pun bermunculan.

Salah satunya aksi solidaritas seorang anak bernama Bagus Ananda Pratama (7) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Siswa kelas satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) itu rela menyumbangkan uang hasil tabungannya selama setahun untuk membantu tenaga medis yang menangani virus corona ( Covid-19).

Dirinya merelakan uang tabungannya sebesar Rp 546.500 yang hendak dia gunakan membeli ponsel.

“Untuk bantu dokter dan perawat. Sudah satu tahun saya tabung untuk beli Hp,” kata Tama, begitu ia disapa kepada sejumlah awak media, Jumat (17/4/2020).

Sayuran gratis di pagar rumah

Dilansir dari Tribunnews, seorang warga di Cimahi, Jawa Barat, Dwi Fitria Ambarina, menghiasi pagar rumahnya dengan kantong-kantong plastik berisi sayur-sayuran, lengkap dengan bumbu instannya.

Aksinya itu pun menjadi viral di media sosial.

"...Jadi pastikan kita ambil peran dalam wabah ini, jgn sampai ada tetangga kita ada yg kelaparan atau terpaksa mencuri krn tdk punya beras :(

Yuk, coba hias pagar rumah kita masing-masing yuk...

nanti boleh tag saya kalau ada yg ikut menghias pagarnya...

Yuk berlomba-lomba dalam kebaikan yuk yuk yuk.....

Coba deh rasain sensasi bahagianya pas #hiasanpagar kita sudah habis," tulis Dwi di akun Facebooknya, pada Minggu (26/4/2020).

"Untuk bahannya, saya belanja online. Jadi saya tulis mau beli apa aja, nanti dikirim ke rumah belanjaannya," terang Dwi.

Dwi mengaku, semua sayuran yang ia gantungkan di pagar rumahnya selalu habis setiap harinya.

Bahkan, terkadang masih ada warga yang datang mencari sayuran saat stok sayuran yang Dwi sediakan sudah habis.

"Kadang setelah habis, masih ada yang lihat-lihat ke rumah saya, terus bilang 'yah, udah habis', jadi kadang saya bikin lagi paketan dadakan untuk yang kehabisan," sambungnya.

Aksi solidaritas di saat pandemi juga dilakukan oleh seorang pengusaha asal Purwokerto, Jawa Tengah, Brili Agung Zaky Pradika.

Brili menyediakan hotelnya untuk membantu tenaga kesehatan yang sedang merawat pasien-pasien virus corona.

Aksi itu dilakukan Brili setelah banyak kasus para tenaga kesehatan diusir dari kontrakan atau kos karena warga khawatir tertular melatarbelakangi niat Brili untuk menyediakan hotelnya.

"Mereka harus kita dukung penuh. Aksara Homestay milik PT Aksara Investama Propertindo, diubah dan dioperasikan sebagai tempat peristirahatan bagi para tenaga medis di Banyumas yang sedang berjuang keras mengalahkan wabah Covid-19," ujar Brili, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, 28 Maret 2020.

Brili mengajatakan, sejak saat itu dirinya tak lagi menerima tamu hotel. Sebanyak 48 kamar di hotelnya itu dia sediakan semua bagi para nakes.

Kisah menarik juga terjadi di Desa Cibereum, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Saat satu keluarga yang berjumlah 8 orang melakukan isolasi mandiri di rumah karena terkonfirmasi positif Covid-19, para tetangga membantu menyediakan sembako dan kebutuhan pokok.

Dilansir dari KompasTV, keluarga tersebut memenuhi syarat untuk isolasi mandiri. Selain terpantau oleh RT, RW, yang bisa menjamin tidak akan ada kontak dengan orang lain.

Selain itu, pihak puskesmas bekerja sama dengan Jajaran Muspika, untuk penanganan warga yang terpapar covid-19 agar tetap diberi semangat untuk proses penyembuhan lebih cepat.

Dengan kompak, para tetangga turut mendukung penyembuhan dari keluarga yang positif covid-19 ini.

"Terus disuplai, alhamdulilah para keluarga taat aturan. Ini sebagian swadaya masyarakat, sebagian dari keluarga," kata Doce Doce Ibrohim, Kamis, (3/12/2020).

(Penulis: Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati, Ahmad Naufal Dzulfaroh Editor : Rizal Setyo Nugroho, Dony Aprian), KompasTV.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: VIRAL Kisah Warga Cimahi Gantungkan Sayuran di Pagar, Boleh Diambil Siapapun di Tengah Corona

https://regional.kompas.com/read/2021/03/02/125522178/setahun-pandemi-corona-di-indonesia-memperkuat-solidaritas-menjaga-harapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke