Salin Artikel

Seluruh Korban Keracunan Makanan di Mimika Sudah Pulang dari Rumah Sakit

Sebanyak 51 orang terdiri dari 40 anak-anak dan 11 orang dewasa harus dirawat di RSMM Charitas pada Sabtu (27/2/2021) malam.

Sebanyak 46 orang dipulangkan dari rumah sakit pada Minggu (28/2/2021). Sementara lima orang lainnya dipulangkan pada Senin (1/3/2021).

"Semua korban sudah kembali ke rumah masing-masing," kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata saat dikonfirmasi, Senin.

Hasil investigasi sementara, puluhan orang itu diduga keracunan setelah mengonsumsi nasi kuning yang dihidangkan pada acara ulang tahun. Terdapat kadar formalin tipis dalam makanan itu.

Meski begitu, pihaknya akan memeriksa satu per satu bahan makanan nasi kuning tersebut.

"Sekarang kan sudah menjadi satu, otomatis semua kena, apakah nasinya, apakah ikannya, ataukah bihunnya, ataukah mungkin kunyit dan lain-lain. Jadi kita harus pisah-pisahkan semua bahan tersebut, mana nih yang mengandung formalin. Jadi bahannya yang kita telusuri," jelas Era.

Sebelumnya, puluhan anak di Timika, Papua, diduga mengalami keracunan usai menyantap makanan di acara ulang tahun.

Susanti Runbou, salah satu orangtua korban menceritakan bahwa acara ulang tahun  berlangsung pada Sabtu (27/2/2021) sore. 


Saat di rumah, anaknya kemudian mengalami pusing, mual dan muntah-muntah, setelah menyantap makanan di acara tersebut.

Anaknya kemudian dibawa ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Charitas untuk mendapatkan perawatan medis.

"Saat di rumah usai magrib anak saya mengeluh pusing, mual dan muntah, jadi kami bawa ke rumah sakit," kata Susanti kepada Kompas.com di rumah sakit, Minggu (28/2/2021) dini hari.

Acara ulang tahun berlangsung di salah satu rumah warga di Jalan Rambutan, SP 2, Distrik Mimika Baru, Kota Timika, dihadiri sekitar 50 undangan.

Kepolisian mendapat laporan dari warga adanya keracunan massal pada Sabtu sekitar pukul 20.00 WIT.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/01/190811078/seluruh-korban-keracunan-makanan-di-mimika-sudah-pulang-dari-rumah-sakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke