Salin Artikel

BPBD Malut Salurkan Paket Sembako untuk Korban Gempa Halmahera Selatan

TERNATE, KOMPAS.com - BPBD Provinsi Maluku Utara menurunkan tim untuk menyalurkan bantuan berupa paket sembako untuk korban gempa di Kabupaten Halmahera Selatan.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Malut Ali Yau mengatakan, tim berjumlah 13 orang yang dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku Utara Yunus Badar ke lokasi gempa pada hari Sabtu, 27 Pebruari 2021 melalui jalur darat.

Bantuan yang diberikan tersebut berupa 58 dus mi instan, 24 zak beras 10 kg dan 4 zak 15 kg, 52 dus air mineral, 7 dus popok bayi, 14 dus biskuit, 11 dus teh dan kopi, 7 sak gula, 30 dos susu.

Tak hanya itu, tim juga membawa 800 rapid test antigen dan 50 suplemen penambah daya untuk rumah sakit di Labuha, Halmahera Selatan.

“Tim ini selanjutnya akan bergabung dengan BPBD Kabupaten Halmahera Selatan untuk membantu melakukan pendataan kerusakan dan kerugian akibat Gempa,” kata Ali Yau.

Ali menambahkan, sejumlah kerusakan bangunan telah teridentifikasi dengan tingkat kerusakan ringan.

Dikatakannya, sejauh ini belum ada laporan korban meninggal akibat gempa ini.

Data per Jumat (26/2/2021), pukul 22.00 WIB, BPBD Kabupaten Halmahera Selatan mencatat sebanyak 60 unit rumah, rumah sakit umum daerah (RSUD) 1 unit, 1 unit rusunawa, 1 unit kantor Pengadilan Agama, 1 unit bangunan kompi D TNI, 1 unit bangunan Dinas Perkim mengalami rusak ringan.

Selain kerusakan, gempa juga mengakibatkan tiga warga luka ringan dan sebanyak 45 KK (169 jiwa) mengungsi.

"Petugas BPBD di lapangan mengimbau warga untuk tidak panik serta segera menghindari tertimpa bangunan apabila gempa susulan terjadi,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/28/083753078/bpbd-malut-salurkan-paket-sembako-untuk-korban-gempa-halmahera-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke