Salin Artikel

Speedboat Pengantar Jenazah Tenggelam di Laut Maluku

Speedboat tersebut dilaporkan tenggelam setelah diterpa angin kencang dan diterjang gelombang tinggi di perairan tersebut.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan laut tersebut.

Seluruh penumpang yang tenggelam dapat segera ditolong oleh speedboat lainnya yang saat itu berlayar bersama.

Hairul Marasabessy, warga Pulau Haruku, mengatakan speedboat nahas itu tenggelam saat sedang mengantar jenazah seorang warga dari Pelabuhan Lastetu di Pulau Seram ke Desa Kabauw di Kecamatan Pulau Haruku.

"Jadi semua ada empat speedboat, speedboat tiga mesin yang mengantar jenazah dan sisanya speedboat kecil, jadi speedboat yang tenggelam juga rombongan pengantar jenazah, "kata Hairul kepada Kompas.com via telepon seluler, Sabtu malam.

Hairul mengungkapkan, saat kejadian itu kondisi cuaca laut sangat buruk karena sedang terjadi angin kencang dan gelombang tinggi.

Dia juga ikut mendatangi lokasi kejadian setelah mendapat kabar ada sebuah speedboat yang tenggelam di perairan tersebut.

"Dari Wairiang beta langsung ke lokasi speedboat tenggelam untuk menolong tapi pas sampai para penumpang sudah berhasil ditolong speedboat rombongan itu," ungkapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah, Bob Rahmat membenarkan kejadian itu.

"Iya benar ada sebuah speedboat yang tenggelam tadi sore tapi semua penumpangnya selamat," kata Bob saat dikonfirmasi Kompas.com.


Bob mengatakan setelah ditolong para penumpang yang selamat dalam musibah itu kemudian dibawa ke Pulau Haruku bersama speedboat lainnya.

Bob tidak merinci jumlah warga yang jenggelam bersama speedboat naas tersebut.

Meski begitu ia mengaku kecelakaan itu terjadi karena cuaca laut yang buruk serta gelombang tinggi di perairan tersebut.

"Benar penyebab kecelakaan karena cuaca buruk tadi sore, angin kencang sekali dan gelombang sangat tinggi, tapi kita bersyukur tidak ada korban jiwa," katanya.

Dia pun mengimbau warga khususnya para nelayan dan penyedia jasa transportasi laut agar lebih waspada lagi mengingat kondisi cuaca ekstrem yang belakangan terjadi di Maluku.

"Demi keselamatan bersama maka mari kita tingkatkan kewaspadaan, patuhi peringatan dini dari BMKG soal kondisi cuaca" pintanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/27/222119478/speedboat-pengantar-jenazah-tenggelam-di-laut-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke