Salin Artikel

Salatiga Ditetapkan sebagai Kota Paling Toleran 2020 versi Setara Institute

Kota Salatiga yang mendapat poin 6.717 mengalahkan Singkawang, Manado, Tomohon, Kupang, Surabaya, Ambon, Kediri, Sukabumi, dan Bekasi.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan penyerahan penghargaan tersebut diserahkan di Jakarta pada Kamis (25/2/2021) dan diterima Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris.

"Alhamdulillah, hari ini kita mendapat predikat sebagai Kota Tertoleran, ini membanggakan tapi juga menjadi tantangan untuk dipertahankan," paparnya.

Yuliyanto mengungkapkan faktor pendukung keberhasilan Salatiga mendapat predikat sebagai Kota Paling Toleran adalah tidak adanya diskriminasi dalam pembuatan kebijakan.

"Semua Forkompinda, masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat saling sinergi. Semua satu tujuan demi toleransi," jelasnya.

Selain itu, Yuliyanto juga menyoroti keberhasilan di bidang ekonomi.

"Pembangunan ekonomi dan manusia yang berhasil sangat menunjang toleransi. Umpamanya masyarakat tidak sejahtera, tentu akan memengaruhi toleransi," jelasnya.

Menurut Yuliyanto, karena kesadaran dan pendidikan masyarakat yang cukup tinggi, maka masyarakat tidak mudah terpengaruh isu yang memecah belah persatuan.

Dijelaskan, meski mendapat predikat sebagai kota paling toleran, tapi Salatiga tetap berusaha belajar dari daerah lain.

"Sebagai City of Harmony, kita harus saling menjaga, baik dari internal Salatiga maupun luar daerah," kata Yuliyanto.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/25/16585651/salatiga-ditetapkan-sebagai-kota-paling-toleran-2020-versi-setara-institute

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke