Salin Artikel

Kasus Dugaan Penjualan Senjata ke KKB, Kapolda Maluku: Semua Kita Buka Selebar-lebarnya...

Refdi mengatakan, kasus tersebut berhasil diungkap dalam waktu yang relatif singkat. Para tersangka bisa diringkus berkat kerja sama Polda Maluku, Polresta Pulau Ambon, dan Polres Bintuni, Papua Barat.

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror juga dilibatkan dalam pengungkapan kasus itu.

"Ini kita lakukan dengan gerakan cepat antara Polresta Ambon, Polda Maluku dan Densus dan mudah-mudahan tidak ada yang akan kita tutup-tutupi, semua kita buka selebar-lebarnya, " kata Refdi di kawasan Soabali, Ambon, Rabu (24/2/2021).

Sejauh ini, Polresta Pulau Ambon telah menetapkan enam tersangka dalam kasus tersebut. Sebanyak dua di antaranya merupakan oknum polisi, SHP dan MRA.

Oknum polisi dan empat warga sipil berinisial SM, HM, AT, dan J, itu ditahan di Polresta Pulau Ambon.

Seorang oknum prajurit TNI dari Yonif 733 Masariku juga ditetapkan sebagai tersangka oleh Detasemen Polisi Militer Kodam XVI Pattimura. 

Prajurit berinisial Praka MS itu ditahan di sel tahanan Denpom XVI Pattimura.

Kemungkinan tersangka baru

Refdi menyebutkan, polisi masih mendalami kasus dugaan jual beli senjata ini. Sehingga, masih terbuka kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus ini.

"Ada enam orang yang telah kita tahan tetapi tidak tertutup kemungkinan dengan hasil pemeriksaan lanjutan akan ada lagi tersangka lain, ada kemungkinan barang bukti lain yang kita temukan itu mungkin saja terjadi," katanya.


Penanganan kasus penjualan senjata yang melibatkan dua oknum anggota Polri ini ditangani di Polresta Pulau Ambon.

Kapolresta Pulau Ambon, Kombes Pol Leo Surya Nugaraha Simatupang mengaku masih terus mengembangkan kasus tersebut.

Soal kemungkinan adanya penambahan tersangka baru hal tersebut dapat saja terjadi tergantung pengembangan hasil penyelidikan.

"Kemungkinan itu bisa ia bisa juga tidak tetapi kami masih berproses pemeriksaan saksi dan alat bukti lainnya, jika ada penambahan tersangka lain tentu akan kita proses juga," jelas Leo.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/24/17585451/kasus-dugaan-penjualan-senjata-ke-kkb-kapolda-maluku-semua-kita-buka-selebar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke