Salin Artikel

Gunung Merapi Kembali Keluarkan Guguran Lava Pijar, Meluncur Sejauh 800 Meter

Dalam pemantauan pada Kamis (18/2/2021) mulai 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, jarak luncur lava pijar maksimum 800 meter ke arah barat daya. 

"Teramati empat kali guguran lava pijar di Gunung Merapi," ujar Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya, Kamis. 

Selama periode tersebut tercatat pula ada 31 gempa gempa guguran dengan durasi 11 sampai 109 detik. 

Hingga kini, BPPTKG masih menetapkan Gunung Merapi dalam level III atau siaga. 

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas di sektor selatan–barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya dan agar mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III direkomendasikan untuk dihentikan.

Pelaku wisata direkomendasikan untuk tidak berkegiatan di daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/18/10191051/gunung-merapi-kembali-keluarkan-guguran-lava-pijar-meluncur-sejauh-800-meter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke