Salin Artikel

Jaringan Telekomunikasi di Intan Jaya Terganggu 2 Hari Terakhir, Ini Alasannya...

Daerah yang saat ini situasi keamanannya berstatus siaga satu tersebut mengalami gejolak sosial karena konflik bersenjata antara aparat keamanan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Manager Network Service Telkomsel Jayapura, Heri Suryanto mengklaim, jaringan telekomunikasi di Sugapa tidak terputus. Tetapi, mengalammi penurunan kualitas.

"Sehubungan dengan terjadinya penurunan kualitas layanan Telkomsel di wilayah Sugapa Kabupaten Intan Jaya, dapat kami sampaikan bahwa hal tersebut dikarenakan saat ini sedang dalam progress optimalisasi penambahan kapasitas baterai pendukung operasional BTS," kata Heri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya, Telkomsel memiliki satu BTS di Intan Jaya. BTS itu sebelumnya hanya mendukung kapasitas sinyal 2G.

Saat ini, pihaknya sedang meningkatkan kualitas sinyal menjadi 4G. Tetapi, butuh daya kelistrikan lebih besar untuk mengoperasionalkan hal itu.

Sementara satu-satunya BTS yang ada di Sugapa energinya menggunakan solar cell yang bergantung pada intensitas panas matahari.

"Saat ini Telkomsel sedang mempercepat optimalisasi tersebut agar dapat memberikan layanan yang lebih maksimal dan dapat dinikmati pelanggan di wilayah sekitar," kata Heri.

Selain itu, ia mengakui karena peningkatan kualitas jaringan tersebut, waktu operasional BTS pun berkurang karena jaringan 4G membutuhkan daya lebih besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Intan Jaya Bheny G Lekatompessy mengaku kesulitan berkomunikasi dengan bawahannya.

Bheny saat ini sedang berada di Nabire. Ia kesulitan berkomunikasi dengan bawahannya sejak Selasa (16/2/2021).

"Ia dari kemarin saya tidak bisa telepon staf, saya telepon tidak masuk," kata dia.

Menurut dia, hal ini harus segera diatasi karena jaringan komunikasi di Intan Jaya selama ini sudah sulit. Akibat gangguan itu tak ada komunikasi sama sekali di Distrik Sugapa.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/17/23212741/jaringan-telekomunikasi-di-intan-jaya-terganggu-2-hari-terakhir-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke