Salin Artikel

Arah Ancaman Erupsi Berubah, Kabupaten Magelang Tetapkan Siaga Darurat Merapi

MAGELANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, telah menetapkan siaga darurat Merapi.

Sebelumnya, daerah ini ditetapkan status tanggap darurat Merapi sejak 6 November 2020 dan diperpanjang sebanyak 4 kali.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto menjelaskan, penetapan siaga darurat Merapi diambil karena arah ancaman atau potensi bahaya erupsi Gunung Merapi telah berubah.

Kebijakan ini tertuang pada Keputusan Bupati Magelang Nomor 180.182/38/KEP/46/2021 tentang penetapan status Siaga Darurat Bencana Gunung Merapi, yang berlaku mulai 15 Februari 2021 sampai dengan terjadinya perubahan aktivitas Merapi yang signifikan. 

"Ya jadi sekarang tidak lagi tanggap darurat, tapi sekarang berubah menjadi siaga darurat," kata Edy, saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Selasa (16/2/2021). 

Edy memaparkan, berdasarkan rekomendasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), aancaman atau potensi bahaya Gunung Merapi telah bergeser ke barat daya (hulu Kali Krasak dan Kali Boyong). 

Kemudian, jika terjadi erupsi efusif jarak bahaya diperkirakan mencapai 5 kilometer. Sedangkan jika eksplosif mencapai 3 kilometer.  

"Atas dasar rekomendasi tersebut, arah ancaman telah bergeser ke barat daya, maka kita turunkan menjadi siaga darurat, karena tidak ada upaya penanganan darurat, tidak ada pengungsi juga," ujarnya.

Menurutnya, keputusan ini ke depan bisa ditinjau kembali tergantung aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

Jika semakin menurun maka status siaga darurat bisa dicabut, demikian sebaliknya jika aktivitas meningkat.

"Ya nanti kita cabut dan kita keluarkan sampai menjadi normal. Kita lihat ancamannya ke mana atau bisa saja juga dinaikkan menjadi darurat lagi, itu bisa. Kalau terjadi pengungsian kan harus dinaikkan," tutup Edy. 

https://regional.kompas.com/read/2021/02/16/20274581/arah-ancaman-erupsi-berubah-kabupaten-magelang-tetapkan-siaga-darurat-merapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke