Salin Artikel

Bertemu Jokowi, Gubernur Kaltim Lapor Instruksikan Semua Daerah Terapkan PPKM

Isran menyebut ada lima gubernur yang dipanggil Jokowi ke Istana pada hari ini untuk membahas penanganan Covid-19.

Pada kesempatan itu, Isran melaporkan penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kaltim kepada Jokowi.

“Awalnya hanya lima daerah yang menerapkan (PPKM). Kemudian diinstruksikan semua daerah menerapkan,” ungkap Isran melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/2/2021).

Surat Instruksi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Wabah Covid-19 di Provinsi Kaltim ini, selain meminta semua daerah terapkan PPKM, Gubernur Kaltim juga memerintahkan setiap akhir pekan masyarakat tak boleh aktivitas di luar rumah.

Kebijakan yang ia sebut sebagai Kaltim steril ini akan diberlakukan dua hari setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Dua hari tersebut masyarakat diminta tidak bepergian ke luar rumah, karena fasilitas publik seperti pasar, mal dan tempat umum lainnya disemprot disinfektan.

Kebijakan ini sudah diterapkan pekan lalu dan siap dilanjutkan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Saya juga laporkan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan, sekaligus pembagian masker," tambah Gubernur.


Perihal sejumlah fasilitas kesehatan bagi pasien Covid-19 di Kaltim yang penuh.

Isran meminta penggunaan anggaran biaya tidak terduga (BTT) untuk pengembangan ruang isolasi dan ruang ICU di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 termasuk penambahan tenaga kesehatan.

Kemudian, pemanfaatan balai atau rumah isolasi di Kaltim yang sudah terealisasi di 10 kabupaten dan kota, kecuali Kutai Barat.

"Total kapasitas 863 tempat tidur dan terisi 480 tempat tidur. Kita berharap pasien terus berkurang dan tidak ada penambahan. Semoga Covid-19 segera berlalu," harap Isran.

https://regional.kompas.com/read/2021/02/09/22072811/bertemu-jokowi-gubernur-kaltim-lapor-instruksikan-semua-daerah-terapkan-ppkm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke