Salin Artikel

Tingkat Hunian Hanya 7 Persen Saat Pandemi, Sejumlah Pengusaha Hotel Bangkrut

KOMPAS.com - Sejumlah pengusaha hotel di Bali dikabarkan bangkrut akibat pandemi Covid-19.

Hal itu terjadi karena biaya operasional yang dikeluarkan tidak sebanding dengan pemasukan yang didapatkan.

Informasi tersebut disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Bali I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya.

Menurutnya, saat pandemi Covid-19 berlangsung tingkat hunian kamar atau okupansi hotel di Bali hanya berkisar lima hingga tujuh persen.

Dengan kondisi tersebut, dikatakan dia, jelas tidak mampu menopang tingginya biaya operasional dan gaji karyawan yang dikeluarkan.

Oleh karena itu, tak sedikit para pengusaha hotel yang bangkrut.

Bahkan, dari laporan yang diterima PHRI hingga saat ini ada sebanyak 60 hotel yang telah dijual pemiliknya.

Dari jumlah itu, sekitar 20 hotel di antaranya dijual sebelum pandemi.

"Perhotelan ini hanya bertahan tiga bulan. Setelah itu, tiga bulan pertama bongkar tabungan, lalu tiga bulan kedua ya jual aset-aset," kata Suryawijaya saat dihubungi, Senin (8/2/2021).

Menyikapi hal itu, pihaknya berharap pemerintah dapat memberikan pinjaman lunak dengan bunga rendah kepada pengusaha di Bali.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa mengatakan, banyaknya pengusaha hotel yang menjual asetnya itu karena beban hutangnya yang terlalu banyak.

Sehingga saat kondisi pandemi, mereka tak bisa bertahan lama. Mengingat fondasi bisnis yang dijalankan sudah lemah sejak awal.

"Karena ada banyak hotel dibangun dengan dana loan, jika income tidak bisa membayar bunga dan pokok dari pinjaman tentu salah satu solusi adalah menjual properti tersebut jika tidak ada solusi lainnya," katanya melalui keterangan tertulis, Senin.

Namun demikian, untuk menyikapi situasi sulit saat ini, disampaikannya, Gubernur Bali sedang mengupayakan untuk dapat memberikan pinjaman lunak kepada pengusaha di Bali.

Oleh karena itu, ia berharap agar program dapat cepat terwujud. Sehingga dapat membantu para pengusaha yang membutuhkan suntikan dana.

Penulis : Kontributor Bali, Imam Rosidin | Editor : Dheri Agriesta

https://regional.kompas.com/read/2021/02/08/15271431/tingkat-hunian-hanya-7-persen-saat-pandemi-sejumlah-pengusaha-hotel-bangkrut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke