Salin Artikel

Bencana Semburan Gas di Pondok Pesantren Pekanbaru, Lebar Lubang 6 Meter dan 34 Santri Diungsikan

KOMPAS.com - Berdasar pantauan terkini di lokasi semburan gas di Pondok Pesantren Al Ikhsan Boarding School Kampus 2 di Pekanbaru, Riau, diameter lubang melebar.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas ESDM Riau Indra Agus Lukman, Minggu (7/2/2021).

"Diameter lubang memang bertambah besar menjadi 6 meter. Karena tekstur tanah yang di atas itu ketika ada gas dan air yang bergejolak otomatis akan berpengaruh. Cuma, dari tinggi semburan gas sudah turun drastis," katanya.

Selain itu, Indra menjelaskan, indikator Lower Explosive Limit (LEL) angkanya nol, yang artinya lokasi tersebut tidak lagi berpotensi terjadi ledakan.

Lalu, dari potensi munculnya gas beracun, Indra mengatakan bahwa H2S atau kandungan racun pada gas dikatannya sudah tidak berkurang.

"Kita tetap harus waspada. Pengukuran kita tadi siang nol. Tapi kadang ada, yang berarti masih ada pergerakan di bawah," kata Indra.

Dilansir dari Antara, aparat Tim gabungan TNI/Polri dan Pemerintah Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menutup lokasi semburan gas tersebuut.

Hal itu ditujukan untuk mengantisipasi dampak akibat semburan material berbahaya itu.

"Penutupan itu dilakukan dengan pemasangan garis polisi yang diperluas hingga pintu masuk gerbang pesantren. Sebelumnya garis polisi terpasang hanya di sekitaran sumur yang menyemburkan gas dan lumpur itu," kata Kapolsek Tenayan Raya AKP Manapar Situmeang dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu.

Semburan terjadi diduga karena aktivitas aktivitas pengeboran sumur di pesantren itu.

Menurut Lurah Tuah Negeri Syarifudin, saat mengebor tiba-tiba gas menyembur. Saat itu proses bor mencapai kedalaman 119 meter.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), kata Syarifudin, langsung menuju ke lokasi untuk mengecek.

"Menurut kajian dari DLHK, ini semburan gas. Semburan gas ini terjadi ketika dilakukan pengeboran sumur bor," tutur dia.

Akibat semburan tersebut, sejumlah bangunan pondok pesantren rusak dan 34 santri diungsikan.

(Penulis : Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung | Editor : Dony Aprian, Aprilia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/02/08/11482011/bencana-semburan-gas-di-pondok-pesantren-pekanbaru-lebar-lubang-6-meter-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke