Salin Artikel

Vaksin Sinovac Tiba di Indramayu, 4.600 Nakes dan 10 Forkopimda Akan Disuntik Pertama

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara mengungkapkan, 9.200 vial vaksin tersebut rencananya didistribusikan ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas pada Kamis (28/1/2021) besok.

"Distribusi (vaksin) akan dilakukan besok dan akan terbagi tim oleh dinas kesehatan ke-10 rumah sakit, 49 puskesmas, dan 2 klinik milik TNI-Polri," kata Deden saat memberikan keterangan di gedung Farmasi Dinkes Kabupaten Indramayu, Rabu (27/1/2021).

Ia menjelaskan, jumlah 9.200 vaksin Sinovac tersebut telah disimpan Dinas Kesehatan Indramayu di gedung farmasi dinas kesehatan dengan suhu 2 hingga 8 derajat celsius. Ia juga akan terus memantau, terutama suhu tidak melebihi jumlah itu.

"Jadi ini kita akan lakukan perawatan. Vaksin Covid-19 ini harus berada di 2 hingga 8 derajat celsius. Dan ini kita akan pantau terus, supaya suhu dingin ini terjaga sampai ke tahap penyuntikan yaitu ke tenaga kesehatan (nakes)," kata Deden.

Pengamanan distribusi vaksin

Kapolres Indramayu AKBP Hafidh S Herlambang menjelaskan, pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah pasukan untuk mengawal pendistribusian vaksin ke fasilitas kesehatan (faskes) disiapkan pemerintah Kabupaten Indramayu.

Pihaknya menerjunkan 300 personel, dan pelaksanaan nanti bergabung dengan petugas keamanan lainnya, yakni TNI dan Satpol PP.

Ia juga telah mendeteksi gangguan, dan sudah dilakukan langkah antisipasi mencegah hal tersebut.

"Potensi gangguannya (distribusi vaksin), bisa berupa pencurian dan juga gangguan perusakan. Dan itu semua kita sudah deteksi dan antisipasi oleh kita," ujar Hafidh.


Penyuntikan perdana

Hafizh sendiri, dalam penyuntikan vaksin, ia ikut menjadi orang pertama disuntikkan bersama bupati dan pejabat publik lainnya serta tenaga kesehatan (nakes).

Di Indramayu ada 10 orang menjadi pertama disuntik vaksin, dan mereka adalah Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda), Dandim 0616 Indramayu, Kapolres Indramayu, Ketua DPRD Indramayu, Kepala Kejari Indramayu, Ketua Pengadilan Negeri Indramayu, Ketua Pengadilan Agama Indramayu, Kepala Dinas Kesehatan Indramayu, dan perwakilan tokoh masyarakat.

https://regional.kompas.com/read/2021/01/27/17234601/vaksin-sinovac-tiba-di-indramayu-4600-nakes-dan-10-forkopimda-akan-disuntik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke