Salin Artikel

Jadi Menteri Jokowi, Risma: Tugas sebagai Mensos Tanggung Jawabnya Berat

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial (Mensos) di Kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020).

Dalam sambungan video call dengan awak media di Surabaya, Risma mengakui, jabatan sebagai Mensos merupakan tugas sekaligus tanggung jawab yang berat.

Apalagi, wilayah cakupan kerja yang semakin luas. Bila sebelumnya Risma hanya memikirkan warga Surabaya, kini Risma harus mampu memberdayakan masyarakat di seluruh Indonesia.

"Menjalani tugas baru sebagai Mensos tanggung jawabnya berat, karena yang ditangani itu semua orang (Indonesia)," kata Risma dalam sambungan video call, Selasa (22/12/2020).

Risma mengaku, ia akan resmi menjabat sebagai Mensos pada Rabu (23/12/2020).

Di hari itu, Risma akan mengikuti prosesi pelantikan di Istana Negara.

"Jadi artinya aku baru resmi (menjabat mensos) setelah pelantikan (besok)," ujar Risma.

Risma menyebut, dirinya telah mendapat izin Presiden Jokowi untuk melakukan perjalanan Jakarta-Surabaya guna mengurus proses administrasi jabatan.

Risma juga akan menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk mengurus administrasi jabatan sebagai wali kota Surabaya.

"Saya matur Pak Presiden gimana (wali kota) Surabaya dan bisa PP (pulang-pergi). Habis ini aku meluncur ke rumah Mendagri (Tito Karnavian) untuk konsultasi soal itu (proses administrasi jabatan)," tutur Risma.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju.

Kepastian ini disampaikan dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

"Saya kira kita tahu semuanya beliau adalah walikota Surabaya ya. Dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2020/12/22/22531131/jadi-menteri-jokowi-risma-tugas-sebagai-mensos-tanggung-jawabnya-berat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke