Salin Artikel

Jika Menang Pilkada Solo, Paslon Bajo Akan Bentuk Majelis Panasihat Wali Kota

SOLO, KOMPAS.com - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo jalur perseorangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) akan membentuk Majelis Penasihat Wali Kota jika terpilih di Pilkada Solo 2020.

Majelis Penasihat Wali Kota ini beranggotakan para ulama dan tokoh semua elemen masyarakat Solo.

Ketua Ormas Tikus Pithi Hanata Baris selaku pengusung Paslon Bajo, Tuntas Subagyo menjelaskan, alasan akan membentuk Majelis Penasihat Wali Kota karena paslon Bajo maju Pilkada Solo 2020 lewat jalur independen.

Sehingga, jelas Tuntas, Bajo masih perlu banyak bimbingan dan arahan dari Majelis Penasihat Wali Kota dalam membuat maupun memutuskan kebijakan selama lima tahun kepemimpinannya.

"Karena Pak Bagyo ini independen, apalagi wong cilik belum pernah yang namanya berkecimpung dalam dunia politik. Sehingga perlu banyak bimbingan, perlu banyak arahan kemudian banyak hal-hal yang dimasuki Pak Bagyo," kata Tuntas kepada Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/11/2020).

Dikatakan Tuntas, Majelis Penasihat Wali Kota ini nantinya juga memiliki kewenangan dalam memutuskan kebijakan bersama Wali Kota untuk kemajuan Solo.

"Di Majelis Penasihat Wali Kota yang terdiri dari ulama, tokoh-tokoh, elemen masyarakat dan sebagainya inilah nanti yang akan menggodok dan memajukan Solo secara bersama-sama," sambungnya.

Majelis Penasihat Wali Kota ini juga akan bersinergi dengan legislatif sehingga kebijakan yang diputuskan bisa berjalan dengan baik.

"Ini adalah ide-ide dari para ulama sebenarnya. Untuk bagaimana Solo ini biar nanti di dalam Pilkada dan setelah Pilkada memberikan nuansa yang beda. Bisa bersama-sama, rukun untuk kemaslahatan masyarakat Solo untuk membangun Kota Solo lebih baik kedepannya," ujar Tuntas.

Calon Wali Kota Solo, Bagyo menanggapi dengan senang hati adanya rencana pembentukan Majelis Penasihat Wali Kota jika dirinya terpilih pada 9 Desember 2020.

Bagyo mengaku akan lebih bersemangat dengan keberadaan Majelis Penasihat Wali Kota dalam membangun dan memajukan Kota Solo kedepan menjadi lebih baik.

"Saya merasa senang dan tambah semangat. Ini yang kita harapkan. Karena independen ini tidak punya kursi DPRD, tidak punya kekuatan. Sehingga kembali ke rakyat," kata Bagyo.

"Makanya saya berterima kasih kepada para ulama yang mau membackup saya. Mau menjadi penasihat saya itu terima kasih sekali. Karena saya jadi tenang," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/26/17275141/jika-menang-pilkada-solo-paslon-bajo-akan-bentuk-majelis-panasihat-wali-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke