Salin Artikel

Ridwan Kamil Ingatkan Prestasi Jabar soal Pilkada Tanpa Huru-hara

Kegiatan ini sebagai upaya kesiagaan dalam menangani corona, Pilkada dan libur panjang pada Desember mendatang.

Sebanyak 8.000 personel diterjunkan dari jajaran kepolisian dan TNI, serta 4.000 dari jajaran Pemprov Jabar guna mengawal tiga kegiatan itu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan pada pengalaman Pilkada sebelumnya, di mana banyak terobosan peningkatan sinergitas dan kedisiplinan yang dilakukan di Jabar.

Pria berkacamata yang akrab disapa Emil ini menilai, berdasarkan jejak rekam Pilkada di Jabar, belum pernah ditemukan adanya keributan baik di level pemilihan gubernur maupun pemlihan presiden.

"Jabar selalu menjadi Provinsi terbaik, tidak ada kekerasan, tidak ada kaca pecah, tidak ada tumpah darah, dan peluru lepas. Itu berkat etos dari Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi," ujar Emil.

Emil meyakini TNI dan Polri akan siap menjalankan tugas untuk mengawal Pilkada.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengatakan, terkait penanganan corona, pihaknya mendukung kegiatan masyarakat.

Polda akan memastikan roda perekonomian tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Ahmad mengatakan, kehadiran TNI dan Polri untuk mendukung sepenuhnya kebijakan Satgas Covid-19 terkait disiplin protokol kesehatan, khususnya sanksi teguran, imbauan hingga penegakan hukum.

"Bila diperlukan penegakan hukum yang lebih tegas, artinya sudah jelas ada Undang-Undang Karantina Kesehatan, ada pasal di KUHP dan hal itu akan kita lakukan dengan tegas," ucap Dofiri.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/24/13380971/ridwan-kamil-ingatkan-prestasi-jabar-soal-pilkada-tanpa-huru-hara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke