Salin Artikel

Unggah Video Ibu Hamil Ditandu Lewati Jalan Rusak, Warga Lebak Diperiksa Polisi, Ini Penjelasannya

Ibu hamil di video tersebut bernama Tiyah warga Kampung Bitung, Desa Barunai. Video tersebut kemudian viral di media sosial.

Di video tersebut, pemilik akun Badry mengeluhkan soal jalan rusak hingga ibu hamil harus ditandu menggunakan bambu dan sarung.

Tak lama setelah mengunggah video tersebut, pemilik akun Badry Aldiansyah dibawa ke kantor polisi pada Selasa (3/11/2020) malam dengan alasan untuk menghindari amuk massa.

Menurut Rinaldi kakak ipar pemilik akun, awalnya adik iparnya dibawa ke Balai Desa Barunai sebelum dibawa ke kantor polisi.

"Sekitar jam 20.00 adik saya dibawa ke Balai Desa Barunai, dikawal RT, ada polisi juga, lalu dibawa ke kantor polisi. Di balai desa kepala desa bilang alasannya diamankan takut diamuk massa," kata Rinaldi dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (4/11/2020).

Justru, menurut Rinaldi, banyak warga yang mendukung unggahan tersebut karena mereka kerap mengeluhkan jalan desa yang rusak.

Namun menurut Kapolsek Panggarangan, AKP Rohidi, pemilik akun dititipkan kepala desa setempat ke kantor polsek karena khawatir diamuk massa.

"Bukan diamankan, tapi dilindungi agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pihak warga yang pro ke kepala desa dengan pihak yang sebaliknya," kata AKP Rohidi dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon.

Rohidi mengatakan saat ini sudah dilakukan musyawarah antara pihak desa dan keluarga pemilik akun Badry Aldiansyah. Rencananya, yang bersangkutan akan dipulangkan pada Rabu sore ini.

"Masyarakat sekarang sudah reda, sudah kondusif aman," kata dia.

Ia mengatakan jika video yang diunggah adalah peristiwa yang benar-benar terjadi.

Menurutnya kondisi jalan desa memang rusak karena longsor sehingga tak memungkinkan jika mengevakusi ibu hamil dengan mobil.

Deden mengatakan ibu hamil, Tiyah ditandu sejauh 3 kilometer oleh warga menuju ke balai desa.

Lalu dengan mobil, Tiyah dibawa ke rumah sakit. Ia menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada pekan lalu.

"Ditandu kurang lebih tiga kilometer sama warga. Ditandu hingga ke area Kantor Desa, setelah itu dibawa pakai mobil ke rumah sakit," kata dia.

Deden menjelaskan jika saat ini Tiyah sudah melahirkan dengan selamat di RSUD Malingping.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Acep Nazmudin | Editor: Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2020/11/05/05450041/unggah-video-ibu-hamil-ditandu-lewati-jalan-rusak-warga-lebak-diperiksa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke