Salin Artikel

Diam-diam Keluar Temui Keluarga Saat Karantina, Pasien Covid-19 Dipindahkan ke Pulau Galang

DRM sebelumnya menjalani karantina di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapalkes) Batam, Kepulauan Riau.

Pada Selasa (31/11/2020) dini hari, DRM keluar ke area parkir di halaman gedung Bapalkes Batam untuk menemui keluarganya.

“Diam-diam yang bersangkutan berani menerima kunjungan dari pihak keluarga di luar gedung karantina,” kata Kepala Bapelkes Kota Batam, Asep Zaenal Mustofa melaui telepon, Rabu (4/11/2020).

Tak hanya itu, DRM diketahui berinteraksi dengan sejumlah orang di luar fasilitas kesehatan yang ada di Bapelkes.

“Saat ini yang bersangkutan terpaksa dibawa ke RSKI Covid-19 Pulau Galang untuk menjalani karantina dengan pengamanan maksimal,” kata Asep.

Pemindahan DRM ke Pulau Galang, menurut Asep, karena yang bersangkutan telah melakukan pelanggaran disiplin pasien.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus, keluarga yang menemui DRM saat ini menjalani tes swab.

“Saat itulah dimanfaatkan yang bersangkutan, bahkan yang bersangkutan sejak datang juga telah menunjukan gelagat aneh dan tidak koperatif serta kerap minta pindah-pindah kamar,” kata dr Fairuza Laily.

Untuk mengantisipai agar kejadian tersebut tidak terulang, pengamanan gedung semakin diperketat dengan menambah petugas Satpol PP yang bertugas.

“Kami berharap agar pasien Corona yang dirawat di Bapelkes bisa bekerja sama dan mau memtahui protokol kesehatan demi keamanan bersama,” terang dr Fairuza Laily.

Saat ini ada 99 pasien Covid-19 yang dirawat di Bapalkes. Semuan pasien yang ada di gedung karantina tersebut adalah pasien kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Hadi Maulana | Editor: Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2020/11/04/17010091/diam-diam-keluar-temui-keluarga-saat-karantina-pasien-covid-19-dipindahkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke