Salin Artikel

Cerita di Balik Bisnis Mempercantik Boneka Bekas Bertarif Jutaan Rupiah, Ada Kenangan Masa Kecil...

KOMPAS.com - Ketekunan dan kecintaan terhadap mainan boneka mendorong Vera Key (40), warga Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terjun ke bisnis memperbaiki boneka bekas.

Menurutnya, biaya untuk memperbaiki boneka bervariasi, antara Rp 500.000 hingga jutaan rupiah.

Meskipun tergolong mahal, namun menurut Vera, para penyuka boneka biasanya rela merogoh kocek lebih dalam karena ingin menjaga kenangan-kenangan di masa lalu.

Salah satunya Ari Yulianingsih, salah satu pelanggan setia Vera yang sudah mereparasi lima boneka. 

“Banyak kenangan masa kecilnya, makanya anak aku ingin bonekanya cantik lagi,” kata Ari. 

Ari menambahkan, dirinya meminta Vera untuk memperbaiki boneka milik anaknya yang dibeli semasa duduk di bangku sekolah dasar. Saat ini putrinya itu sudah kuliah semester III.

Berawal dari iseng

Saat ditemui Kompas.com, Vera menuturkan, awal mula dirinya berkecimpung di bisnis itu karena kecintaannya kepada boneka.

Perempuan yang menyukai seni lukis itu pun mencoba membuat baru lagi boneka-bonek miliknya.

“Awalnya itu saya suka dengan boneka sejak dari kecil, saya punya boneka banyak banget nah kemudian iseng iseng boneka saya yang udah lama banget itu coba deh karena saya memang hobi melukis ya coba saya warnain sendiri,” ucap Vera kepada wartawan, Rabu (21/10/2020).

Vera memang sering mengunggah hasil reparasinya di media sosial. Saat itu respon pertama kali setelah dirinya selesai memperbaiki bonekanya sangat baik.

Bahkan, tak hanya dari para penggemar boneka tetapi juga para kolektor dari berbagai kota di Indonesia maupun mancanegara, antara lain Singapura, Thailand dan Hongkong. 

“Banyak sekali yang positif tolong dong dibenerin boneka saya bisa enggak, nah saya lihat itu berarti ada peluang bisnis dong, dari peluang bisnis itu lah akhirnya saya mencoba membuka untuk terima reparasi boneka,” ucap Vera.

Make over wajah boneka

Untuk membuat bonek lawas menjadi tampak baru, Vera merias wajah boneka.

Saat merias dan mereparasi boneka, ia juga menampilkan berbagai jenis karakter boneka seperti, boneka lucu, boneka cantik, hingga boneka gothic.

Selain reparasi boneka, Vera juga membuat baju boneka sendiri.

(Penulis: Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor: Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2020/10/23/08000071/cerita-di-balik-bisnis-mempercantik-boneka-bekas-bertarif-jutaan-rupiah-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke