Salin Artikel

Ketua IDI Bali: Saya Akui Jerinx Orang Baik, tapi...

Ketua IDI Bali, dr Gede Putra Suteja mengatakan, secara pribadi dirinya tidak ada masalah dengan Jerinx.

"Saya selaku pribadi tidak masalah, tapi selaku organisasi dari hasil rapat tanggal 14 Juni 2020 itu, IDI cabang menugaskan saya untuk melapor, karena tugas kami saat itu penanganan Covid. Jangan kami dibuat narasi-narasi yang melemahkan semangat kami," katanya usai menyampaikan keterangan di Pengadilan Negeri Denpasar, Selasa (13/10/2020).

"Saya akui dia orang baik, tetapi kalimat-kalimat, narasi-narasinya yang menyebabkan teman-teman kami di lapangan menjadi kualitas kerjanya menurun," ujar Putra menambahkan.

Putra menjelaskan, banyak tenaga medis yang telah menjadi korban selama pandemi Covid-19. Selain itu banyak juga yang sulit bertemu keluarga. 

Tentu saja unggahan-unggahan Jerinx seperti tidak mendukung upaya yang dilakukan tim medis.

"Mereka (tenaga medis) delapan jam pakai APD, tidak bertemu dengan keluarga berapa hari. Diikuti dengan narasi-narasi begini, kan saya sebagai anggota profesi harus menjaga marwah teman-teman, marwah profesi. Dia (Jerinx) orang baik, saya lihat dari gerakan sosialnya kan banyak," ucap Putra.


Sebelumnya diberitakan, IDI Bali melaporkan Jerinx terkait unggahan drummer band SID itu di akun media sosial miliknya.

Dalam unggahannya, Jerinx menuliskan, "gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan Rumah sakit dengan seenaknya mewajibkan semua orang yang akan melahirkan tes Covid-19".

Adapun Jerinx sempat meminta mediasi kepada IDI Bali. Namun, tidak ada respons dari IDI hingga kasus disidangkan di meja hijau dan Jerinx ditetapkan sebagai terdakwa.

Menurut jaksa, Jerinx telah melanggar UU ITE, sebagaimana diatur dan diancam pidana pada Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul: Ini Alasan Ketua IDI Bali, Gede Putra Suteja Laporkan Jerinx

https://regional.kompas.com/read/2020/10/14/08525251/ketua-idi-bali-saya-akui-jerinx-orang-baik-tapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke