Salin Artikel

Tolak Direlokasi, Pedagang Pasar Mardika Ambon Berjualan di Badan Jalan

Aksi itu dilakukan para pedagang sebagai bentuk protes atas keputusan Pemerintah Kota Ambon yang menggusur lapak mereka untuk merevitalisasi Pasar Mardika.

Pemerintah Kota Ambon telah menyediakan tempat berjualan bagi pedagang Pasar Mardika yang lapaknya digusur.

Mereka bisa berjualan di Pasar Transit Passo dan Pasar Ole-ole. Namun, banyak pedagang memilih bertahan di Pasar Mardika.

Aksi berjualan di badan jalan itu tak brelangsung lama. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan para pedagang itu.

Salah satu pedagang Syarif mengaku, sengaja bertahan di kawasan Pasar Mardika, meski lepaknya telah dibongkar.

Menurutnya, lokasi baru yang disediakan Pemerintah Kota Ambon sangat jauh dan sepi pembeli.

“Di sana tidak ada pembeli mau rugi? Selain itu sangat jauh sampai ke Passo di sana juga sudah ada pedagang mau dapat apa kita,” kata Syarif saat ditemui di Pasar Mardika, Kamis.

Para pedagang berharap Pemerintah Kota Ambon mencari solusi terbaik agar tak merugikan pedagang.

“Kalau cari solusi itu yang menguntungkan semuanya, kita ini juga bekerja untuk menafkahi keluarga,” kata pedagang lain.


Sementara itu, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon Janes Aponno mengatakan, keputusan merelokasi para pedagang itu telah dipikirkan secara matang.

Menurutnya, Pasar Mardika harus segera diperbaiki. Para pedagang diminta menerima keputusan itu.

Janes menambahkan, sebagian pedagang menerima keputusan itu, tetapi ada pedagang yang menolak.

“Ini tidak taat asas, kepala batu namanya harusnya mereka (pedagang) pindah di sana kita tidak bisa mau ikut satu-satu punya mau lalu kapan ini pasar dibangun,” kata Janes.

Janes menjelaskan, para pedagang direlokasi ke Pasar Transit Passo dan Pasar Ole-ole karena tak ada lokasi yang bisa dijadikan tempat jualan di sekitar Pasar Mardika.

“Kalau beta (saya) marah beta bisa bilang masing-masing jualan di rumah dulu, ini kan pemerintah buat untuk kepentingan mereka kalau mereka tidak pindah dari situ bagaimana pemerintah bisa bangun pasar, harus mereka pindah dulu, terkecuali tempat di sini besar lalu dikasih pindah di kiri,” ungkapnya.

Pembongkaran lapak pedagang Pasar Mardika telah dimulai sejak tiga hari lalu. Pembongkaran dilakukan karena renovasi pasar dimulai pada 2021.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/24/16031531/tolak-direlokasi-pedagang-pasar-mardika-ambon-berjualan-di-badan-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke