Salin Artikel

Pedagang Kelontong di Yogyakarta Meninggal karena Covid-19, 2 Anggota Keluarga Ikut Tertular

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengumumkan seorang pedagang kelontong di Kecamatan Danurejan, Yogyakarta, meninggal dunia dengan status positif Covid-19 di Kecamatan Danurejan, Yogyakarta.

Berdasarkan hasil tracing ditemukan dua anggota keluarga terpapar Covid-19.

"Memang ada kasus itu (meninggal dengan status Covid), pedagang toko kelontong lalu dilakukan swab kepada keluarganya sebanyak 4 orang. Dengan rincian, 1 negatif, dua positif, dan satu belum ada hasil," ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi melalui keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020).

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya telah meminta toko kelontong tersebut untuk tutup sementara waktu.

"Sudah (kita minta toko kelontong untuk tutup)," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta saat ini mewaspadai penularan Covid-19 di lingkungan keluarga.

Selain itu, kasus positif Covid-19 di Kota Yogyakarta juga banyak ditemukan berasal dari pasien positif asimptomatik atau tanpa gejala.

"Fenomena yang banyak ditemukan sekarang adalah penularan dalam keluarga, ada beberapa kasus penularan dalam keluarga seperti di Warungboto (kelurahan), di Kecamatan Keraton ditemukan satu keluarga, Gondokusuman, di Ngampilan juga ditemukan," ungkap Heroe, Senin (31/8/2020).

Penularan Covid-19 di lingkungan keluarga disebabkan adanya seseorang yang terpapar di tempat kerja kemudian menulari anggota keluarga di rumah.

"Tempat kerja ada memang beberapa perjalanan keluar daerah. Antara rumah dan tempat kerja ketika tracing hasilnya banyak di keluarga dan tempat kerja, karena saat istirahat copot masker dan lupa pakai lagi," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/02/15480181/pedagang-kelontong-di-yogyakarta-meninggal-karena-covid-19-2-anggota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke