Salin Artikel

Nama Bakal Calon Wali Kota Surabaya di Dalam Amplop, Djarot: Risma Saja Tidak Tahu

Ketua DPP PDI-P Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat mengatakan, nama pengganti Wali Kota Tri Rismaharini itu sudah ada di dalam amplop.

Dia menjamin tidak ada satupun yang tahu siapa pasangan yang diusung PDI-P di Surabaya karena itu wewenang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Bahkan Bu Risma saja tidak tahu," ujar Djarot usai konsolidasi pilkada serentak di kantor DPD PDI-P Jawa Timur, di Surabaya, Minggu (30/8/2020).

Djarot memastikan nama pasangan yang diusung adalah mereka yang mengikuti prosedur di PDI-P, seperti pendaftaran hingga proses penjaringan.

Diketahui ada 19 nama yang mendaftar ke PDI-P Jawa Timur sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya di Pilkada Surabaya 2020.

Para pendaftar tersebut yakni, Dyah Katarina (anggota DPRD Surabaya), Armuji (anggota DPRD Jatim), Anugerah Ariyadi (mantan anggota DPRD Surabaya), Mega Djadja Agustjandra (pengusaha), Sutjipto Joe Angga (pengusaha), dan Chrisman Hadi (seniman).

Selanjutnya, Sri Setyo Pertiwi (pengusaha), Laksda TNI (Purn) Untung Suropati, Fandi Utomo (mantan anggota DPR RI), Warsito (mantan anggota DPRD Surabaya), Gunawan (pengusaha), Dwi Astutik (Muslimat NU), Haries Purwoko (pengusaha), dan Lia Istifhama (fatayat NU).


Ada juga nama Achmad Wahyuddin (pengusaha), Whisnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Ony Setiawan (aktivis), Edy Tarmidy (politisi PDI-P), dan Ahmad Nawardi (anggota DPD).

Bantah tarik ulur

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto membantah ada silang pendapat antara dia dan Risma untuk menentukan pasangan calon di Pilkada Surabaya.

Saat sambutan dalam konsolidasi Pilkada Serentak di kantor DPD PDI-P Jawa Timur di Surabaya, Minggu, dalam layar pemaparan, Hasto menampilkan gambar-gambar media cetak yang menggambarkan bahwa dirinya sedang tarik tambang atau bersilang pendapat dengan Risma.

"Itu semua tidak benar, saya juga tidak tahu sumbernya dari mana," ucap Hasto.  (Penulis Kontributor Surabaya, Achmad Faizal | Editor Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2020/08/31/06575781/nama-bakal-calon-wali-kota-surabaya-di-dalam-amplop-djarot-risma-saja-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke