Salin Artikel

Jaringan Telkomsel Lumpuh Total di Pekanbaru, Warga Padati Konter Beli Kartu Jaringan Lain

Pantauan Kompas.com malam ini sekitar pukul 20.30 WIB, sejumlah konter handphone di sepanjang Jalan HR Soebrantas, Kecamatan Tampan, Pekanbaru, dipadati pembeli.

Salah satu konter yang cukup ramai di Julian Ponsel. Warga tampak silih berganti untuk membeli kartu jaringan lain.

Salah seorang pembeli, Iqbal (25) mengaku mengganti kartu lain karena jaringan telkomsel tak kunjung hidup.

"Sejak jam setengah tiga sore jaringan Telkomsel mati. Sampai sekarang belum hidup. Jadi malam ini saya beli kartu Smartfren. Karena kita butuh jaringan," ujar Iqbal saat ditemui Kompas.com di Jalan HR Soebrantas, Selasa.

Dia mengaku jaringan Telkomsel mendadak mati pada saat sedang bekerja di kantor.

"Di kantor kerja kami memang pakai jaringan Telkomsel. Jaringan wifi juga Telkomsel. Pas lagi kerja jaringan tiba-tiba putus, jadi enggak bisa kerja. Setelah itu dapat informasi kalau gedung Telkom terbakar," kata Iqbal.

Pembeli lainnya, Nanda (28) juga mengatakan hal yang sama. Dia terpaksa beralih jaringan lain untuk dapat mengakses internet atau telepon.

"Ya, saya juga ganti kartu internet Tri. Jaringan Telkomsel entah kapan lagi hidupnya," kata Nanda kepada Kompas.com.

Penjualan kartu perdana laris manis

Salah seorang pekerja di Julian Ponsel, Gilang (22) mengaku sejak tadi sore tak hentinya warga datang membeli kartu provider selain Telkomsel.

Bahkan, sampai kehabisan stok saking ramainya pembeli akibat jaringan Telkomsel mati.

"Mulai ramainya jam setengah tiga. Sampai sekarang enggak ada berhenti. Ada yang beli kartu Tri, Smartfren, dan XL. Untuk kartu Tri stoknya sudah habis. Tadi ada lima kali ada ambil stok habis semua. Sekarang tinggal kartu paket IM3," sebut Gilang saat diwawancarai Kompas.com, Selasa.


Dia pun mengaku meraup omset lebih dari penjualan kartu perdana tersebut.

"Alhamdulillah, ada untung. Tapi bukan berarti kita ingin meraup untung dari musibah ini. Semoga saja jaringan Telkomsel cepat pulih. Karena saya pribadi  kasihan juga sama tukang ojek online. Tadi ada satu ojek online mau ganti kartu enggak bisa, karena akunnya itu sudah terdaftar di kartu Telkomsel," pungkas Gilang.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda gedung Telkom di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (11/8/2020) sore sekitar pukul 14.30 WIB.

Kebakaran ini mengakibatkan jaringan padam total. Jaringan internet maupun telepon provider Telkomsel tak bisa terhubung.

Danton Pleton Yudha Damkar Pekanbaru Tengku Afrizal Kadri saat ditemui di lokasi mengatakan, api sudah berhasil dikuasai.

"Api sudah berhasil kami kuasai. Saat ini kami sedang melakukan penyisiran untuk antisipasi adanya api di dalam gedung," kata Afrizal kepada Kompas.com, Selasa.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/11/21543361/jaringan-telkomsel-lumpuh-total-di-pekanbaru-warga-padati-konter-beli-kartu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke