Salin Artikel

Diminta Akar Rumput Maju di Pilkada Kota Pasuruan, Ini Jawaban Gus Ipul

Namun, Gus Ipul belum menentukan sikap terkait pencalonan dirinya itu.

"Masih perlu proses yang harus dilalui, saya juga belum berkomunikasi langsung dengan partai yang mendorong saya untuk maju, jawabanya bisa iya, bisa tidak," kata Gus Ipul ketika dikonfirmasi, Selasa (11/8/2020).

Selain berkomunikasi dengan partai politik, Gus Ipul merasa perlu meminta pertimbangan tokoh masyarakat dan ulama di Kota Pasuruan.

Gus Ipul mengaskan, dirinya merasah terhormat masuk dalam bursa calon wali kota Pasuruan.

Belakangan, banyak pihak yang bertanya kepada Gus Ipul tentang potensi maju sebagai calon wali kota. Soalnya, Gus Ipul merupakan mantan Gubernur Jawa Timur.

Namun, Gus Ipul menegaskan, dorongan itu muncul karena kepercayaan masyarakat.

"Banyak yang bertanya mengapa saya harus turun dari wakil gubernur ke wali kota Pasuruan yang hanya membawahi empat kecamatan. Bagi saya kepercayaan bukan melihat luasnya wilayah," jelasnya.

Didorong akar rumput

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPW PKB Jawa Timur Fauzan Fuadi mengatakan, nama mantan Wakil Gubernur Jawa Timur itu muncul karena dorongan massa akar rumput PKB di Kota Pasuruan.

"Nama Gus Ipul muncul dari massa arus bawah," katanya dikonfirmasi, Senin (10/8/2020).


Fauzan belum memastikan apakah PKB akan mengusung mantan menteri di era Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Keputusan mendukung calon kepala daerah ditentukan DPP PKB.

"Semua tergantung DPP PKB, kita lihat saja nanti seperti apa," terangnya.

Saat ini, baru tiga partai politik yang menentukan sikap di Pilkada Kota Pasuruan. Mereka adalah PDI-P, Partai Nasdem, dan Partai Hanura.

Ketiga partai itu mengantongi enam kursi di parlemen, sesuai syarat minimal mengusung pasangan calon.

Mereka mengusung calon petahana Raharto Teno Prasetyo dan Hasjim Asjari, yang merupakan adik kandung mantan Wali Kota Pasuruan 2000-2010 Aminurokhman.

https://regional.kompas.com/read/2020/08/11/11381831/diminta-akar-rumput-maju-di-pilkada-kota-pasuruan-ini-jawaban-gus-ipul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke