Salin Artikel

Jumlah Positif Covid-19 Bertambah, Bupati Sumedang Kaji PSBB Ulang

Tambahan 2 orang pasien positif Covid-19 ini membuat pasien positif Covid-19 aktif yang masih dirawat di RSUD Sumedang menjadi 4 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman mengatakan, tambahan 2 pasien baru positif Covid-19 ini merupakan kontak erat MAF.

MAF, merupakan pasien positif Covid-19 yang sebelumnya melakukan perjalanan ke Tasikmalaya dan Bandung.

MAF, yang tinggal di Kecamatan Sumedang Selatan ini diduga terpapar virus corona dari Ustaz H yang meninggal akibat Covid-19 di Bandung.

"Informasi yang kami terima baru 2 yang diketahui swab tesnya positif Covid-19. Dua pasien ini kontak erat pasien ke 14 (MAF), semuanya asal Sumedang Selatan," ujar Dadang kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir prihatin dengan adanya tambahan kasus baru positif Covid-19 ini.

"Saya sangat prihatin dengan adanya tambahan 2 pasien positif Covid-19. Tadi, saya sudah instruksikan kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan tracing orang-orang yang pernah kontak erat dengan dua pasien baru positif Covid-19 ini," ujar Dony kepada sejumlah wartawan di Desa Girimukti, Kecamatan Sumedang Utara.


Dony menuturkan, adanya tambahan pasien positif Covid-19 ini membuat seluruh warga di Kabupaten Sumedang harus lebih waspada.

"Semoga saja hasil swab warga lainnya, yang sempat kontak erat dengan pasien nomor 14 ini hasilnya negatif. Karena dari beberapa orang yang di-swab, baru 2 saja yang sudah diketahui hasilnya," tutur Dony.

Dony menyebutkan, Pemkab Sumedang akan segera melakukan kajian ulang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan adanya kasus baru positif Covid-19 ini.

"Akan kita kaji (PSBB), yang jelas, sekarang ada penambahan 2 orang dan totalnya menjadi 4 orang. Saat ini, AKB (Adaptasi kebiasaan baru) akan kembali diperketat," sebut Dony.

Dony menambahkan, dalam rangka pengetatan AKB ini, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang akan meningkatkan patroli kewilayahan.

"Melalui Satpol PP, TNI dan Polri, kami akan memperketat AKB. Kami juga saat ini, akan melakukan swab tes secara masif di sejumlah tempat keramaian," kata Dony. 

https://regional.kompas.com/read/2020/07/14/16440191/jumlah-positif-covid-19-bertambah-bupati-sumedang-kaji-psbb-ulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke