Salin Artikel

Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, 9 Warga Sarangan Jalani Tes Swab

Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 Dinas Kesehatan Magetan Didik Setyo Margono mengatakan, sembilan warga itu telah menjalani tes swab.

“Kita sudah tracing sembilan orang, keluarga dari pasien positif Covid-19. Untuk hasilnya besok akan kita kirim ke Surabaya,” ujar Didik melalui sambungan telepon, Senin (13/07/2020).

Didik mengatakan, pengiriman sampel sempat terkendala. Awalnya, Pemkab Magetan hendak mengirimkan sampel swab ke Laboratorium BBLK Surabaya.

Tapi, laboratorium itu mengalami kerusakan alat dan kehabisan reagent. Pemkab Magetan kemudian mengirimkan sampel swab itu ke RSUD dr Soetomo Surabaya.

"Saat ini Surabaya kesulitan BBLK sekarang trouble mesinyna rusak. Akhirnya kemarin kita koordinasi dengan RSUD dr Soetomo, Alhamdulillah bisa,” jelasnya.

Telaga Sarangan ditutup

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Magetan Saif Muchlisun mengatakan, destinasi wisata Telaga Sarangan ditutup sementara akibat temuan kasus positif Covid-19 itu.

"Ada tambahan pasien positif, pasien 122 dari Kecamatan Plaosan saat ini dirawat di rumah sakit dan pasien 123 dari Kecamatan Takeran," kata Saif, Sabtu (10/7/2020).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Gugus tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Magetan Ari Budi menyebut, hanya destinasi Telaga Sarangan yang ditutup.

Sejumlah destinasi wisata lain masih dibuka untuk publik.

“Hanya Sarangan saja karena salah satu warganya dinyatakan positif. Kalau bukan zona merah tetap buka,” kata Ari.

Berdasarkan data dari Info Covid-19 Provinsi Jawa Timur, sebanyak 123 kasus positif Covid-19 tercatat di Magetan. Rinciannya, 81 pasien sembuh, 38 dirawat, empat meninggal.

https://regional.kompas.com/read/2020/07/13/17453961/kontak-dengan-pasien-positif-covid-19-9-warga-sarangan-jalani-tes-swab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke