Salin Artikel

Karhutla Mulai Muncul di Riau, Lahan Gambut di Pelalawan Terbakar

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan Hadi Penandio membenarkan adanya karhutla di wilayah kerjanya saat dikonfirmasi.

"Itu kebakaran di perbatasan Desa Merbau, Kecamatan Bunut dengan Desa PangkalanTerap, Kecamatan Teluk Meranti," sebut Hadi kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (29/6/2020).

Ia mengatakan, titik api terpantau sejak Minggu (28/6/2020) siang. Areal yang terbakar merupakan lahan kosong tanah gambut, sehingga membuat asap pekat membumbung tinggi ke udara.

Namun, Hadi mengaku sudah menerjunkan tim untuk memadamkan api. Tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Satpol PP dan dibantu PT Arara Abadi (Sinar Mas Group). Pemadaman dilakukan menggunakan mesin pompa air.

"Tim gabungan semuanya sudah beroperasi di lokasi karhutla sejak kemarin. Selain tim darat, kita juga didukung pemadaman dari udara dengan satu unit helikopter water bombing milik PT Sinar Mas.

Menurut Hadi, ada beberapa kendala untuk memadamkan titik api. Diantaranya, akses menuju kepala api cukup sulit dilalui dan gambut cukup dalam.

"Untuk akses mencapai titik api cukup sulit. Tapi, beberapa titik masih bisa dijangkau tim darat. Sedangkan titik api yang tidak bisa dijangkau tim darat, makanya dibantu heli water bombing," sebut Hadi.


Kemudian, sambung dia, kesulitan memadamkan api yang ada di dalam gambut.

Saat ditanya berapa luas areal gambut yang terbakar, Hadi mengaku belum bisa memastikan. Karena, pihaknya masih fokus untuk pemadaman.

"Kami saat ini masih fokus pemadaman. Soal luas areal yang terbakar nanti tim lidik yang akan memastikan berapa luasannya," kata Hadi.

41 titik panas

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendeteksi 41 titik panas atau hotspot di Riau pagi ini pukul 07.00 WIB.

Titik panas terdeteksi di enam kabupaten. Titik panas terbanyak, yakni di Kabupaten Pelalawan 26 titik.

Lalu, Kabupaten Kampar tujuh titik, Kota Dumai dua titik, Siak empat titik, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir masing-masing satu titik.

https://regional.kompas.com/read/2020/06/29/09000021/karhutla-mulai-muncul-di-riau-lahan-gambut-di-pelalawan-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke